Iklan Mobile Dongkrak Keuntungan Facebook Tiga Kali Lipat

Kompas.com - 28/04/2016, 09:12 WIB
Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menjadi salah satu pembicara di sesi keynote acara Mobile World Congress 2016 di Barcelona, Spanyol, Selasa (23/2/2016). Oik Yusuf/KOMPAS.comPendiri Facebook Mark Zuckerberg menjadi salah satu pembicara di sesi keynote acara Mobile World Congress 2016 di Barcelona, Spanyol, Selasa (23/2/2016).
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Di kala Twitter masih merangkak naik untuk memperoleh seonggok keuntungan, Facebook makin betah berada di puncak kejayaan. Setidaknya hal itu yang terlihat dari laporan kuartal pertama 2016 kedua platform jejaring sosial itu.

Basis pengguna Twitter naik tak signifikan. Mikroblog tersebut tetap merugi. Sementara keuntungan Facebook naik hampir tiga kali lipat, tepatnya mencapai 195 persen.

Selama periode Januari hingga Maret, Facebook meraup profit 1,5 miliar dollar AS atau setara Rp 19,7 triliun, sebagaimana dilaporkan BBC dan dihimpun KompasTekno, Kamis (28/4/2016).

Angka itu melambung jauh dibandingkan profit 512 juta dollar AS atau Rp 6,7 triliun pada kuartal yang sama 2015 lalu.

Salah satu sumber pemasukan terbesar Facebook adalah iklan mobile. Sumbangsihnya mencapai 82 persen dari pendapatan iklan Facebook keseluruhan.

Hal ini tentu berkaitan dengan jumlah pengguna aktif Facebook. Saat ini, ada 1,65 juta netizen yang rutin mengakses Facebook tiap bulan. Pertumbuhannya mencapai 15 persen dibandingkan basis pengguna tahun lalu.

Selain Mark Zuckerberg dan karyawan Facebook, laporan kuartal ini tentu juga membuat para investor senang. Kekhawatiran mereka bahwa Facebook akan kesulitan saat beralih ke mobile ternyata tidak terwujud.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, tantangan Facebook adalah membuktikan kehebatannya di industri realitas virtual alias virtual reality. Perangkat VR Oculus Rift buatan Facebook akan jadi penentu untuk hal ini.

Oculus Rift dijadwalkan hadir di pasaran pada akhir kuartal dua 2016. Apakah produk VR Facebook bisa sesukses jejaring sosialnya? Kita tunggu saja.



Sumber BBC

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X