YouTube Sedang Garap Siaran TV Kabel Online?

Kompas.com - 06/05/2016, 11:49 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - YouTube digosipkan sedang mengerjakan layanan streaming berbayar baru. Disebut sebagai Unplugged, layanan ini menawarkan sepaket kanal siaran televisi kabel yang disiarkan melalui internet.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Bloomberg, Jumat (6/5/2016), YouTube telah mendiskusikan rencana itu dengan berbagai perusahaan media besar. Sebut saja NBC, Universal, Viacom Inc., Twenty-First Century Fox Inc., dan CBS Corp.

Sumber yang dekat dengan proyek tersebut mengatakan bahwa YouTube kini tengah menggarap hal teknis terkait Unplugged. Proyek tersebut saat ini dijadikan prioritas utama dan direncanakan hadir pada 2017 mendatang.

Perusahaan media berbagi video itu sendiri diketahui telah mengembangkan streaming siaran televisi sejak 2012 silam. Hanya saja, proyek tersebut belum diselesaikan hingga saat ini. Namun urgensi untuk mewujudkannya baru dirasakan beberapa bulan lalu.

Keberadaan layanan berbayar baru ini tentunya bakal memperluas sumber pendapatan YouTube. Selama ini mereka mendapatkan pemasukan dari layanan iklan. Tahun lalu, YouTube juga sudah mendapat tambahan pendapatan dari rilis layanan premium berbayar yang diberi nama Red.

Dalam kesempatan berbeda, CEO Google Sundar Picai juga pernah mengindikasikan adanya layanan berbayar baru di YouTube. Meskipun begitu, dia tidak mengungkap dengan jelas bentuk layanan yang dimaksud.

“Kami berusaha menyediakan lebih banyak pilihan untuk para penggemar YouTube. Antara lain dalam hal interaksi dengan kreator atau cara baru menikmati konten berkualitas,” ujarnya.

“Usaha tersebut kami mulai dari menyediakan aplikasi khusus seperti YouTube Kids, hingga soal penyediaan layanan berbayar premium dari YouTube Red,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.