Di Laptop, Opera Klaim Lebih Hemat Baterai dari Chrome

Kompas.com - 13/05/2016, 13:46 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Opera meluncurkan fitur hemat daya alias power saver pada browser versi desktop. Fitur tersebut diklaim mampu menghemat baterai laptop hingga 50 persen dibandingkan ketika pengguna menggunakan Google Chrome.

Klaim tersebut bersumbu pada hasil uji yang dilakukan Opera pada laptop Lenovo X250, yang ditenagai dengan Core i7-5600U, RAM 16GB, dan Windows 10 64-bit.

Cara pengujiannya seperti ini. Pertama-tama, dalam keadaan baterai penuh, penguji membuka Google Chrome untuk mengakses 11 situs populer secara bersamaan pada tab terpisah.

Lalu, tiap situs dijelajahi hingga lima kali dan akhirnya dibiarkan selama semenit. Tes tersebut diulang sampai laptop benar-benar kehabisan baterai.

Berikutnya, pengujian serupa juga dilakukan pada peramban Opera yang sudah mengaktifkan mode hemat baterai. Pada keterangan pers yang diterima KompasTekno, Jumat (13/5/2016), Opera teruji mampu berjalan tiga jam lebih lama ketimbang Google Chrome.

Penghematan yang cukup signifikan itu terjadi berkat beberapa optimasi layanan, yakni mengurangi aktivitas dari tab latar belakang, menyesuaikan page-drawing frequency, dan pengaturan parameter video playback.

Cara mengaktifkan mode hemat daya cukup sederhana. Setelah charger laptop dicabut, ikon baterai akan muncul di sebelah kolom pencarian di peramban Opera. Pengguna hanya perlu mengklik ikon baterai itu.

Saat baterai menipis, Opera juga bakal otomatis menyarankan pengguna untuk mengaktifkan mode hemat daya.

Fitur ini baru dirilis dalam versi pengembang. Untuk menjajalnya, pengguna bisa mengunduh versi Opera tersebut melalui tautan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.