Kompas.com - 17/05/2016, 09:35 WIB
Logo Twitter di depan kantornya di San Francisco, AS. istLogo Twitter di depan kantornya di San Francisco, AS.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pengguna Twitter selama ini terbentur batas penulisan sepanjang 140 karakter. Tautan dan gambar dalam kicauan pun mengurangi batas yang sudah pendek itu.

Ke depan, ada kemungkinan Twitter bakal menerapkan kebijakan baru, di mana tautan dan gambar yang disertakan tak akan “memakan” jatah karakter.

Rencana tersebut diungkapkan oleh seorang sumber dalam, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Selasa (17/5/2016).

Kebijakan tersebut disinyalir merupakan salah satu upaya untuk memberi kebebasan lebih bagi para pengguna twitter.

Pada Januari, CEO Twitter Jack Dorsey memang sempat berujar bahwa pihaknya sedang memikirkan cara-cara baru untuk menampilkan teks di Twitter.

Kalau memang benar, maka pengguna Twitter bisa sedikit bernafas lega karen tautan-tautan biasanya menyita ruang sebanyak 23  karakter, meskipun sudah dipendekkan lewat URL shortening.

Batasan karakter sebanyak 140 dulu diterapkan supaya tweet pengguna bisa muat dalam sekali SMS untuk berkicau lewat mobile.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengiriman tweet via SMS lazim dilakukan pada masa-masa awal Twitter dulu, sebelum pemakaian smartphone meluas.

Twitter sempat mempertimbangkan untuk menaikkan batas karakter ke 10.000. Namun rencanan ini urung dilakukan karena teks (tweet) yang ringkas dan padat telah lama menjadi ciri khas dan pembeda Twitter dari media sosial lain.

Dengan membuat tautan (link) serta gambar tidak mengurangi batas karakter, setidaknya Twitter bisa mempertahankan ciri khas itu sambil mendorong pengguna agar lebih banyak mengunggah konten. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.