Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemakaian Internet Saat Ramadhan Bisa Tembus 2.700 Terabyte

Kompas.com - 22/05/2016, 10:06 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Selama momen Ramadhan dan Lebaran 2016, khususnya di masa mudik dan pada saat Lebaran tahun ini, Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik komunikasi di daerah jalur mudik dan tujuan wisata dibandingkan trafik di hari biasa.

Lonjakan trafik akan terjadi di antaranya pada layanan SMS yang berkisar antara 5 hingga 15 persen, mencapai 930 juta SMS, dan layanan data yang akan melonjak naik antara 15 hingga 25 persen menembus 2.700 Terabyte.
 
Untuk mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Minggu (22/5/2016), mengklaim telah melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

Di sepanjang jalur utama mudik di Pulau Jawa dan Sumatera telah disediakan kelonggaran sebesar 40 persen - 60 persen, seperti Jawa Barat sebesar 41 persen, Jawa Tengah sebesar 42 persen, dan Jawa Timur sebesar 60 persen dan Sumatera Selatan sebesar 59 persen. Hal itu diyakini Telkomsel akan membantu pelanggan untuk tetap dapat terhubung dengan layanan Telkomsel.
 
Telkomsel juga telah mengidentifikasi sebanyak 809 hotspot atau POI (Point of Interest) yang meliputi bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, dermaga, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional, dan mal. Lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi pada masa Ramadhan dan Lebaran.

Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel menyiagakan sebanyak 76 unit COMBAT (Compact Mobile Base Station) untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data.

“Masa Ramadhan dan Lebaran merupakan momen spesial bagi masyarakat Indonesia, Telkomsel ingin memastikan seluruh layanannya berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan," kata Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi.

"Drive test" kesiapan jaringan jelang lebaran

Telkomsel pun pada akhir Mei 2016 ini telah melakukan serangkaian uji jaringan (drive test) sepanjang rute jalur mudik di sepanjang jalur mudik utama Pulau Jawa sepanjang 2.255 km.

Hasil dari uji jaringan tersebut menurut Telkomsel adalah sebagai berikut:

CSSR (Call Setup Success Rate): 98,53 persen
CST (Call Setup Time): 5,34 detik
CCSR (Call Completion Success Rate): 98,59 persen
MOS (Mean Opinion Score): 98,27 persen 
Data Throughput: 7.994 kbps  

Sedangkan di jalur Sumatera sepanjang 6705 km hasilnya adalah sebagai berikut:
CSSR 99,30 persen
CST 5,74 detik
CCSR 98,65 persen
MOS 97,59 persen
Data Throughput 3.564 kbps

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com