Foto di Twitter Bakal Tak Kurangi Batas 140 Karakter

Kompas.com - 25/05/2016, 07:51 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Twitter bakal mendapatkan pembaruan atau update besar-besaran. Salah satunya terkait dengan foto, .GIF, video, Twitter Poll, dan username. Hal baru seperti apa yang dimaksud?

Dalam beberapa bulan ke depan, Twitter bakal menerapkan kebijakan baru. Di mana, semua jenis konten yang disebutkan di atas tak akan "memakan" jatah karakter.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan tertulis resmi Twitter, Rabu (25/5/2016), lampiran media tidak akan lagi dihitung dalam jatah 140 karakter.

Selain itu, saat membalas tweet, nama akun juga tidak akan dihitung dalam 140 karakter.

"Ini akan membuat percakapan di Twitter lebih mudah. Tidak perlu lagi menyingkat kata untuk memastikan sebuah tweet bisa dipahami oleh semua orang yang terlibat dalam percakapan tersebut," tulis Twitter.

Selain itu, pengguna juga akan dapat melakukan retweet dan quote tweet terhadap kicauan mereka sendiri. Nantinya, bakal ada tombol khusus untuk melakukan fungsi tersebut.

Tweet baru yang dimulai dengan nama akun pengguna juga akan langsung masuk ke linimasa dan dapat dibaca semua followers pengguna tersebut.

Jadi, pengguna Twitter sudah tidak perlu lagi menggunakan karakter ".@", yang saat ini digunakan untuk menyiarkan tweet dengan lebih luas. Jika ingin sebuah tweet balasan dapat dilihat oleh semua followers, pengguna hanya perlu melakukan retweet atau quote tweet.

Sebelumnya, Twitter dikabarkan bakal menghapus batasan 140 karakter yang menjadi ciri khasnya selama ini. Namun, melalui pengumuman update terbaru ini, Twitter tampaknya belum akan berubah.

Baca: Foto dan Tautan Tak Kurangi Batas Karakter Twitter?

"Kami tetap pada konsep, bahwa Twitter adalah seperti apa yang ada saat ini. Yang penting bagi kami adalah keringkasan, kecepatan, dan percakapan yang hidup di Twitter," tutur Jack Dorsey, CEO & Co-Founder Twitter.

Pembaruan tersebut nantinya akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan di twitter.com, Twitter untuk iOS dan Android, TweetDeck, Twitter untuk Mac, video.twitter.com, serta ads.twitter.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.