Kompas.com - 31/05/2016, 10:08 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple dikabarkan akan berhenti membuat iPhone dengan kapasitas  penyimpanan internal 16 GB mulai tahun ini. Strategi tersebut akan diterapkan pertama kali untuk iPhone 7 yang akan dirilis akhir tahun ini.

Sebagai gantinya, penyimpanan internal minimal 32 GB akan dijadikan sebagai "tradisi" baru semua jenis iPhone di masa mendatang, selain juga memori RAM sebesar 2 GB.

Dikutip KompasTekno dari Mobipicker, Selasa (31/5/2016), Director of Market Research firma IHS Technology di China, Kevin Wang mengatakan keputusan tersebut berdasar pada riset rantai pasokan komponen Apple.

"Riset pasokan komponen menunjukkan bahwa iPhone baru ke depannya akan memiliki RAM 2 GB dan ROM 32 GB," demikian tulis Wang di akun Weibo miliknya.

Kevin selama ini dikenal selalu memberikan informasi-informasi aktual dan seringkali tebakannya tepat. Karena itu, kabar terbaru mengenai iPhone 7 memori internal 32 GB ini juga dianggap memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Apple sendiri selama ini memang selalu dikritik fans-nya karena tidak menawarkan iPhone dengan kapasitas penyimpanan 32 GB. Pilihan yang selalu ditawarkan Apple adalah hanyalah 16 GB dan 64 GB.

Penyimpanan 16 GB disebut oleh pelaku industri sudah ketinggalan zaman, sebab dianggap sudah tidak mencukupi kebutuhan minimum lagi, terlebih dengan adanya kemampuan perekaman video 4K.

Apple sendiri telah melakukan peningkatan di sisi memori RAM, dari sebelumnya minimum 1 GB menjadi 2 GB dalam generasi iPhone terkini yang sudah ada di pasaran, yakni iPhone 6s.

Kini, tinggal menunggu waktu saja Apple membuat penyimpanan 32 GB menjadi fitur standar minimum dalam iPhone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mobipicker
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.