Kompas.com - 28/06/2016, 11:27 WIB
CEO Google Sundar Pichai TechcrunchCEO Google Sundar Pichai
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - OurMine, kelompok pembajak akun media sosial Mark Zuckerberg, kembali beraksi. Kali ini, tim yang berisikan tiga orang itu meretas akun tanya jawab Quora milik CEO Google Sundar Pichai.

Kelompok itu mem-posting pesan dengan menggunakan akun milik Pichai, yang sialnya terhubung ke akun Twitter miliknya. Sebagai hasilnya, sekitar 508.000 pengikut pria keturunan India itu bisa melihat hasil kejahilan para peretas tersebut.

Kicauan hasil bajakan tersebut sudah dihapus, tetapi masih sempat disimpan.

TNW Karena akun Quora milik CEO Google terhubung ke Twitter miliknya, follower-nya pun bisa melihat hasil retasan tersebut
"#OurMine Kami hanya menguji keamanan Anda," tulis pihak OurMine, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web, Selasa (28/6/2016).

Apa alasan OurMine membajak akun Quora milik Pichai? Kepada media The Next Web, OurMine mengaku hanya ingin menguji keamanan dari Quora.

"Kami tidak pernah mengubah password mereka (korban), kami melakukannya karena ada peretas lain yang bisa meretas dan mengubah apapun," kata OurMine.

OurMine juga mengaku membobol akun Pichai dengan memanfaatkan kelemahan dari platform Quora. Pihaknya telah menyatakan telah mengadu kepada Quora akan masalah tersebut, tetapi tidak mendapatkan respons.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tim itu sendiri menyarankan pengguna untuk segera mengganti password Quora.

OurMine sendiri telah mengincar berbagai petinggi perusahaan teknologi beberapa waktu belakangan ini. Selain Zuckerberg, tim itu juga telah mengincar Daniel Ek dari Spotify.

Tidak jelas teknis yang digunakan untuk pembobolan akun tersebut. Namun, kelompok itu mengklaim menggunakan beberapa kelemahan untuk masuk ke akun korban.

Tim itu juga menyatakan tidak mau disebut sebagai tim peretas, melainkan perusahaan keamanan. Mereka menawarkan bantuan keamanan bagi para korbannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.