Kompas.com - 01/07/2016, 09:42 WIB
|
EditorDeliusno

SINGAPURA, KOMPAS.com - Di tengah tren perangkat teknologi murah berspesifikasi tinggi, Sennheiser justru "melawan arus" dengan menghadirkan headphone seharga 50.000 euro atau Rp 732 jutaan. Lantas, siapa yang rela mengeluarkan duit senilai apartemen hanya untuk membeli perangkat pendengar audio?

VP Sales and Marketing Sennheiser Asia, Martin Low, menyadari tantangan itu. Ia mengakui patokan harga HE 1 sulit dijangkau masyarakat umum.

Namun, kata dia, prinsip utama Sennheiser adalah menghadirkan inovasi terbaik yang tak pernah hadir di pasaran sebelumnya. Ia pun yakin ada segmen pasar yang berprinsip sama dengan Sennheiser.

"Memang banyak yang menganggap HE 1 kemahalan. Tapi selalu ada orang-orang yang mengutamakan kualitas," kata dia kepada KompasTekno, Kamis (30/6/2016) usai acara peluncuran di Restoran Adrift, Marina Bay Sands, Singapura.

Para audiophile dan masyarakat sophisticated

Lebih spesifik, Low menjabarkan dua kelompok masyarakat yang menjadi target HE 1. Target paling utama adalah kelompok pecinta audio atau kerap disebut audiophile.

"Mereka benar-benar mengapresiasi audio berkualitas. Orang-orang ini biasannya rela menghabiskan ratusan ribu dollar untuk speaker bahkan kabel," ia menuturkan.

Selanjutnya, sasaran kedua adalah kelompok masyarakat yang disebut sophisticated. Menurut Low, kelompok tersebut selalu mencari barang yang eksklusif dan berkelas.

"Orang-orang ini tak harus memiliki kecintaan khusus pada audio. Yang jelas, mereka selalu mencari yang terbaik," kata dia.

Menurut Low, segmentasi pasar HE 1 sengaja disempitkan. Pasalnya, HE 1 bukan produk umum yang diproduksi dalam jumlah besar. Sennheiser hanya meluncurkan 200 unit HE 1 tiap tahunnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.