Cara Menghentikan “Autoplay” Video di Browser

Kompas.com - 17/07/2016, 20:05 WIB
Ilustrasi http://memeburn.com/Ilustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Kadang rasanya menyebalkan jika tiba-tiba peramban langsung memutar video di sebuah laman situs tanpa diminta.

Konsumsi bandwidth data akan langsung naik untuk buffering. Apalagi jika speaker atau earphone sedang disetel di volume maksimal, tentu bisa mengagetkan.

Adakah cara untuk mencegah konten video agar tidak diputar secara otomatis oleh peramban? Tentu ada. Cukup ikuti langkah-langkah yang dirangkum KompasTekno dari PC World, Minggu (17/7/2016), berikut ini.

Chrome

Klik tombol menu (ditandai ikon tiga garis) di pojok kanan atas jendela browser, lalu pilih “advanced” dan klik tombol “Content settings” di bagian Privacy.

Di jendela baru yang terbuka, gulir ke bawah dan pilih opsi berbunyi “Let me choose when to run plugin content”. Kemudian, klik tautan “Manage individual plugins”

Di window plugins, temukan Adobe Flash Plater dan hilangkan tanda centang di opsi “Always allowed to run”.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Menu Content Settings di Chrome menyediakan kendali untuk menyetop pemutaran otomatis konten video di website

Dengan begini, Chrome tidak akan otomatis memutar video berbasis Flash. Ruang untuk video dalam situs akan berubah menjadi bergambar kepingan puzzle.

Pengguna masih bisa memutar video yang bersangkutan secara manual dengan klik kanan dan memilih opsi “run this plugin”.

Pemutaran otomatis video berbasis HTML5 bisa dilakukan dengan mengunduh extension bernama “Disable HTML5 Autoplay” dari webstore Chrome.

Firefox

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber PC World
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X