Google Maps Punya Fitur "Wi-Fi Only" agar Hemat Kuota

Kompas.com - 26/07/2016, 11:14 WIB
Tampilan turn-by-turn navigation di Google Maps versi baru GoogleTampilan turn-by-turn navigation di Google Maps versi baru
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Selain boros baterai, aplikasi peta digital juga memakan banyak data internet. Hal ini dikarenakan teknologi global positioning system atau disingkat GPS yang harus selalu diperbarui mengikuti lokasi pengguna.

Untuk menanggulangi masalah itu, Google Maps menghadirkan fitur baru yang disebut Wi-Fi only. Sesuai namanya, fitur itu memungkinkan pengguna Maps mengunduh data lokasi saat terhubung dengan Wi-Fi.

Jika tak ada akses Wi-Fi, data lokasi pada Maps tak akan melulu diperbarui, sebagaimana dilaporkan AndroidPolice dan dihimpun KompasTekno, Selasa (26/7/2016).

Meski tak melulu di-update, pengguna tetap bisa memanfaatkan Maps untuk menuntun ke lokasi-lokasi pada area yang sering dikunjungi. Hal ini dikarenakan area itu telah terunduh ketika pengguna terhubung dengan Wi-Fi sebelumnya.

Mirip offline mode

Pada prinsipnya, fitur ini sama dengan fitur offline mode yang lebih dulu diluncurkan. Bedanya, fitur offline mode mengharuskan pengguna mengunduh area yang sering dikunjungi terlebih dahulu dengan menggunakan data.

Artinya, pengguna tetap harus mengunduh dengan data di awal. Sementara itu, Wi-Fi only memungkinkan pengguna mengunduh lokasi kapan saja dengan pemanfaatan Wi-Fi secara otomatis. Jadi, pengguna tak perlu mula-mula mengunduh lokasi dengan data. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup membuka penyetelan Maps, lalu menggulir ke kanan opsi Wi-Fi only. Hanya saja, fitur ini masih diluncurkan secara perlahan. Google menjanjikan semua pengguna sudah bisa memanfaatkannya dalam waktu dekat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X