Apple Laporkan Penurunan Penjualan, iPhone Paling Jeblok

Kompas.com - 27/07/2016, 13:48 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple telah merilis laporan kinerja bisnis perusahaan untuk kuartal III 2016. Dari laporan tersebut, diketahui penjualan ketiga perangkat andalannya, yaitu iPhone, iPad, dan Mac menurun dalam satu tahun terakhir.

iPhone menjadi perangkat yang penjualannya menurun drastis dari tahun ke tahun, walau iPhone SE sempat mendongkrak permintaan pada kuartal kedua 2016 lalu.

Menurut rangkuman data yang belum diaudit yang dirilis oleh Apple, seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Rabu (27/6/2016), penjualan iPhone di kuartal tiga tahun lalu mampu melebihi angka 47,5 juta unit, sementara di kuartal tiga tahun ini hanya sekitar 40,4 juta unit saja.

The Verge Penjualan perangkat Apple kuartal tiga 2016 dibandingkan kuartal yang sama di tahun-tahun sebelumnya.
Secara rata-rata, penjualan iPhone tidak mengalami pertumbuhan.

Apple berharap peluncuran varian baru iPhone pada akhir tahun ini mampu mendongkrak penjualan dan memperbaiki rapor buruknya kuartal ini di kuartal berikutnya.

Tablet iPad juga terus menurun dari tahun ke tahun, walau penurunannya tidak terlalu tajam. Tahun lalu, Apple berhasil menjual sekitar 10,9 juta unit iPad, sementara tahun ini hanya sekitar 9,9 juta unit saja.

Peranti komputer Mac yang sempat naik penjualannya di kuartal tiga tahun lalu, di tahun ini juga turun walau tidak signifikan, penjualannya masih di sekitar angka 4 juta unit, dari 4,8 juta tahun lalu menjadi 4,2 juta unit tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.