Bisnis Sony Mobile Untung Berkat Penguatan Yen

Kompas.com - 31/07/2016, 15:49 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Bisnis Sony Mobile menunjukkan tanda positif pada kuartal kedua 2016. Setelah beberapa tahun merugi, divisi usaha Sony yang membawahi Xperia tersebut akhirnya meraup profit.

Dalam pernyataan resmi Sony Mobile, perusahaan tersebut memperoleh keuntungan 0,4 miliar Yen atau setara Rp 50 miliar, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Minggu (31/7/2016).

Meski demikian, keuntungan Sony Mobile tak berbanding lurus dengan peningkatan penjualan unit produknya. Menurut laporan, penjualan Sony Mobile turun 30 persen dibandingkan kuartal serupa tahun lalu.

Sony Mobile mengakui bahwa penguatan mata uang Yen Jepang berkontribusi atas laba yang diterima. Sekitar 4,4 miliar Yen atau Rp 567 miliar diraup perusahaan Negeri Sakura tersebut berkat fluktuasi pertukaran Yen.

Artinya, jika bukan karena kekuatan Yen, Sony bakal tetap merugi sekitar 4 miliar Yen atau Rp 515 miliar. Sony enggan berkomentar lebih lanjut soal ini.

Yang jelas, pada kuartal kedua 2015, Sony Mobile merugi 22,3 juta Yen atau Rp 2,8 miliar. Apapun alasan profit Sony Mobile tahun ini, tentu performa bisnisnya tetap lebih positif dibandingkan tahun lalu dan beberapa waktu sebelumnya.

Diketahui, Sony telah melancarkan beberapa strategi untuk mengurangi biaya produksi dan meraup untung. Beberapa di antaranya fokus menggarap pasar wearable dan meniadakan seri Xperia Z yang terbilang premium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.