Microsoft Pernah Menawar Murah Facebook Rp 313 Triliun

Kompas.com - 24/10/2016, 06:43 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Microsoft telah menyadari pontensi Facebook jauh sebelum media sosial tersebut meraksasa seperti sekarang.

Sang pemilik sistem operasi Windows itu pun pernah coba membeli Facebook dengan nilai tawaran yang menggiurkan, mencapai 24 miliar dollar AS atau hampir Rp 313 triliun.

Hal itu diungkapkan oleh mantan CEO Microsoft, Steve Ballmer dalam sebuah wawancara dengan CNBC, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Senin (24/10/2016).

“Tawarannya diajukan ketika Facebook masih ‘kecil mungil’,” kata Ballmer. Pria berkepala plontos ini menjabat sebagai nakhoda Microsoft dari 2000 hingga 2014. Microsoft sendiri memberi tawaran kepada Facebook pada 2010.

Namun, lanjut Ballmer, pinangan itu kemudian ditolak oleh sang pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. “Saya menghargai keputusan dia (Zuckerberg),” lanjut Ballmer.

Butuh 5 hingga 7 tahun

Ketertarikan Microsoft terhadap Facebook sebenarnya sudah lama diketahui.

Dalam bukunya, The Facebook Effect yang diterbitkan pada 2010, penulis dan jurnalis teknologi David Kirkpatrick pernah menguraikan proses yang bakal ditempuh Microsoft kalau jadi membeli Facebook.

“Microsoft akan mendapat sebagian kecil saham di Facebook senilai 15 miliar dollar AS,” tulis Kirkpatrick. “Lalu, Microsoft akan membeli 5 persen saham Facebook setiap 6 bulan berikutnya. Akuisisi total akan memakan waktu 5 hingga 7 tahun.”

Sebelum itu, pada 2006, Facebook pernah pula ditawar oleh Yahoo dengan nilai 1 miliar dollar AS.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.