Ketika Pesta “Si Lajang” Menjadi Fenomena Global

Kompas.com - 09/11/2016, 15:55 WIB
Ilustrasi e-commerce Thinkstock/DavilesIlustrasi e-commerce
EditorDeliusno

Jarum jam menunjukkan waktu 00.30, lewat tengah malam, tapi Hendra yang bekerja sebagai pengelola konten kreatif di sebuah agensi komunikasi di kawasan Jakarta Selatan masih terjaga di depan laptopnya. Matanya bergerak teratur dari kiri ke kanan, lalu turun mengikuti pointer mouse yang dikendalikan oleh jarinya.

"Yeah!", Hendra bergumam puas dengan lembut. Dua menit kemudian dia menutup laman-laman yang sudah dipantengi selama 15 menit itu, lalu membuka tautan berikutnya.

Ada belasan tab peramban lain belum dibuka. Tiga jam kemudian Hendra baru tersadar jika jam dinding sudah menunjukkan pukul 3.30 hampir menjelang subuh. Dia pun menutup laptopnya.

Siangnya, sambil mencuri jam kerja di kantornya, Hendra melanjutkan ritual tadi malam. Kali ini ia memantengi situs e-commerce dan tanpa berlama-lama, mouse wireless dan sebuah smartphone masuk ke keranjang belanja.

Suara klak-klik dan tanpa sadar ia sudah memasukkan enam barang sesuai dengan catatan belanjanya, dan hanya helm barang yang dibidiknya luput dia beli. Walau begitu Hendra tampak senang, sebab dia hanya mengeluarkan Rp 9.650.000 untuk 6 item barang yang dibelinya. Padahal jika belanja di hari normal perhitungannya bisa diatas 20 juta.

Hari itu Rabu, 11 November 2015. Selain Hendra, masyarakat online Indonesia lainnya juga membanjiri puluhan toko online. Maklum hari itu adalah "Single Day". Kegiatan belanja online tahunan yang digelar secara masif setiap 11 November.

Berawal dari China

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekitar 7.000 kilometer dari Jakarta, di negeri China, juga terjadi fenomena serupa. Malah jauh lebih heboh.

Di sana ratusan juta warga sibuk dengan laptop dan smartphone-nya masing-masing. Sama seperti Hendra, mereka berburu barang incaran di internet.

Hasilnya, toko online Alibaba membukukan nilai penjualan Rp 190 triliun. Begitu pula dengan JD.com yang juga mencatat omset fantastis, 32 juta transaksi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.