Melihat dari Dekat “Mirrorless Selfie” Fujifilm X-A3

Kompas.com - 17/11/2016, 11:16 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Fujifilm akan segera merilis kamera mirrorless entry-level terbarunya, X-A3, ke pasaran Indonesia dalam waktu dekat, tepatnya 25 November mendatang dengan banderol Rp 8,8 juta.

Produk yang ditujukan bagi penggemar traveling serta para pemula fotografi ini memiliki sejumlah fitur andalan seperti layar sentuh yang bisa dilipat 180 derajat ke arah depan, USB charging, dan aneka filter seperti soft focus dan miniature.

Ada juga kemampuan close focus untuk membidik objek dengan jarak7 cm dari ujung lensa, serta flash yang dirancang khusus agar memberikan exposure optimal dalam pemotretan jarak sangat dekat seperti ketika memotret makanan.

Di sektor jeroan, X-A3 diperkuat sensor gambar APS-C dengan resolusi 24 megapiksel, meningkat dari 16 megapiksel di produk terdahulu, X-A2.

Fujifilm menyediakan sejumlah unit X-A3 yang bisa dicoba dalam acara peluncurannya di Jakarta, Rabu (16/11/2016) lalu.

KompasTekno pun menyempatkan diri menjajal kamera mirrorless untuk para penyuka traveling dan selfie ini. Simak rupa selengkapnya dari X-A3 dalam rangkaian foto berikut.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Fujifilm memasangkan X-A3 dengan lensa kit Fujinon XC 16-50mm F3.5-5.6 OIS II. Kamera ini didesain ulang sehingga tampak mirip dengan X-T10 dengan bagian kotak berwarna silver di sekeliling mount lensa. Seperti X-A2, X-A3 juga akan tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti cokelat dan pink.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Sisi belakang X-A3 relatif tak berubah dibanding X-A2, masih dengan D-pad yang dikelilingi tombol playback, record video, display, dan Q button. Ada juga rear command dial yang ditempatkan dengan posisi vertikal.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Berbeda dari saudara-saudaranya di papan tengah dan atas, top plate X-A3 (foto kanan) memuat mode dial PSAM konvensional, berikut tombol daya, shutter release, Fn, dan command dial kedua. Cangkang X-A3 terbuat dari plastik yang dilabur warna silver sehingga tampak mirip logam. Port micro USB X-A3 (foto kiri) kini mendukung USB charging sehingga bisa dipakai mengisi daya dari charger gadget ataupun powerbank.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Salah satu fitur andalan X-A3 adalah titling LCD screen yang mendukung touch input serta bisa ditekuk 180 derajat menghadap ke depan sehingga memudahkan pemotretan atau pengambilan video selfie.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Layar sentuh itu juga bisa ditekuk ke atas atau ke bawah untuk mempermudah pemotretan dengan sudut tinggi atau rendah.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Unit flash X-A3 memiliki guide number 5 m di ISO 100 dan 7 m di ISO 200. Flash pop-up diakses melalui kenop di sisi kiri kamera. Fujifilm mengoptimalkan kerja flash sehingga diklaim mampu memberikan exposure ideal saat dipakai memotret dalam jarak sangat dekat sekalipun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.