Kompas.com - 06/12/2016, 20:12 WIB
Contoh best nine di Instagram screenshotContoh best nine di Instagram
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Postingan #2016BestNine ramai dibagikan di Instagram dan jejaring sosial lain, seperti Facebook dan Twitter. Postingan itu berupa sembilan foto terbaik pengguna yang banyak "Like"-nya sepanjang 2016. Anda pun bisa membuatnya.

Caranya, tidak harus dengan mengggali linimasa hingga jauh ke bawah. Pengguna cukup mengunjungi sebuah situs dalam tautan ini. Situs tersebut khusus membantu pengguna Instagram bernostalgia melihat foto-foto terbaiknya selama setahun belakangan.

Setelah membuka alamat situs tersebut, pengguna cukup memasukkan nama akun Instagramnya (contoh: @kompascom). Berikutnya tekan tombol “GET” dan 9 foto terbaik Anda akan langsung muncul dalam bentuk sebuah kolase.

Sebelum menjajal cara tersebut, pastikan akun Instagram Anda dalam keadaan tidak dikunci atau private. Pasalnya, situs ini tidak akan bisa memindai foto-foto dalam akun Instagram yang dikunci.

screenshot Tampilan situs best nine

Pantauan KompasTekno, Selasa (6/12/2016), best nine untuk 2016 ini masih mirip dengan tahun lalu. Perbedaan hanya terletak pada alamat situs yang dipakai untuk membuatnya, yakni 2016bestnine.com.

Baca: Cara Membuat Foto Best Nine 2015 di Instagram

Urutan foto-foto terbaik pun masih serupa. Foto-foto tersebut disusun berdasarkan popularitasnya. Dari pojok kiri atas, ditempelkan foto dengan jumlah "Like" terbanyak yang diunggah sepanjang 2016. Kemudian berurutan hingga ujung kanan bawah, ditampilkan foto dengan Like yang lebih sedikit.

Selain itu akan ditunjukkan total Like dan berapa jumlah foto yang diunggah sepanjang tahun 2016. Anda juga bisa membagikannya langsung ke Facebook atau Twitter dengan tombol yang sudah disediakan.

Namun bila ingin membagikan ke Instagram, Anda mesti menyimpan kolase itu lebih dulu, baru mengunggahnya secara manual.

Selamat mencoba!

Baca juga: #16bestof16 Tampilkan 16 Foto Instagram Terbaik, Begini Caranya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.