Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2016, 09:09 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pixel dan Pixel XL banyak menuai pujian dari para pengguna gadget di luar negeri. Meski begitu, duo smartphone besutan Google itu tetap tak luput dari masalah.

Yang terbaru, di forum produk Google, sejumlah pemilik Pixel dan Pixel XL melaporkan bahwa perangkatnya kerap kali hang atau "membeku" tanpa sebab jelas.

"Ini (hang) bisa terjadi kapanpun, tidak berhubungan dengan aplikasi yang spesifik. Kadang terjadi saat ponsel di kantong sehingga orang tidak bisa menelepon saya," keluh seorang pengguna.

Durasi hang tidak tentu. Kadang hanya beberapa detik, tapi bisa pula berlangsung hingga beberapa menit. Dalam sejumlah kasus, tombol navigasi ponsel ("home", "back", atau "recent") ikut menghilang.

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari Android Police, Kamis (29/12/2016), menyebutkan bahwa tim dukungan teknis Google sudah mengetahui permasalahan dimaksud, tapi belum bisa menemukan penyebab pastinya.

Baca: Google Pixel Punya Masalah Komunikasi dengan iPhone 7 Plus

Awalnya diduga masalah dipicu oleh aplikasi GPS tracking third-party semacam Family Locator dari Life360. Namun, perangkat para pengguna yang tidak memasang aplikasi semacam itu pun tetap mengalami hang.

Pixel dan Pixel XL dilaporkan tetap sering hang meski pengguna melakukan clear cache ataupun me-reset ponsel sehingga ada kemungkinan masalah bersumber dari hardware. Hingga kini Google belum mengeluarkan komentar resmi.

Sebelumnya, Pixel dan Pixel XL sempat dikeluhkan mengalami beberapa permasalahan lain, termasuk flare berwarna ungu di kamera, problem koneksi LTE, dan keluaran suara yang mengalami distorsi saat pengguna menaikkan volume di aplikasi tertentu.

Pixel dan Pixel XL dibuat oleh HTC untuk Google, meski di punggungnya tertera tagline berbunyi "Made by Google".

Baca: Hacker China Bobol Google Pixel dalam Semenit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.