Tahun Berganti, Samsung "Bunuh" Semua Galaxy Note 7 di Malaysia

Kompas.com - 30/12/2016, 07:15 WIB
Samsung Galaxy Note 7 berikut kotak kemasannya. Oik Yusuf/ KOMPAS.comSamsung Galaxy Note 7 berikut kotak kemasannya.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sudah sejak Oktober lalu Samsung mengumumkan penarikan kembali Galaxy Note 7 karena rawan terbakar. Namun, hingga kini masih banyak Galaxy Note 7 yang belum dikembalikan dan masih beredar di masyarakat.

Untuk mencegah bahaya bagi pengguna, Samsung pun memutuskan untuk mulai mematikan atau "membunuh" perangkat Galaxy Note 7 secara remote. Pertengahan Desember, Galaxy Note 7 di Amerika Serikat mulai dimatikan lewat update software yang membuat perangkat itu tak bisa mengisi baterai.

Kini giliran para pemilik Galaxy Note 7 di Malaysia yang bakal segera mengalami nasib serupa. Sebuah notifikasi dilaporkan muncul di layar perangkat-perangkat Samsung pada minggu ini.

Baca: Masa Depan Samsung Ditentukan 6 Bulan Lagi

Lowyat.net Pesan tertulis yang muncul di handset Samsung di Malaysia, mengingatkan pemilik Galaxy Note 7 agar mengembalikan perangkatnya.
"Baterai Anda akan diturunkan hingga kapasitas nol persen pada pukul 9 malam (GMT +8), tanggal 31 Desember 2016. Mohon backup perangkat Anda untuk menghindari kehilangan data," bunyi pesan yang dilaporkan muncul di semua handset Samsung tersebut, seperti dirangkum KompasTekno dari UberGizmo, Jumat (30/12/2016).

Pesan hanya dimaksudkan bagi para pemilik Galaxy Note 7 saja, bukan model handset lain. Samsung masih membuka pintu buat pemilik Galaxy Note 7 di Malaysia untuk melakukan refund atau menukarkan perangkatnya dengan Galaxy S7 Edge.

Belum diketahui berapa banyak persisnya Galaxy Note 7 yang belum dikembalikan di seluruh dunia. Pada awal November, Samsung mengumumkan bahwa di AS saja masih terdapat lebih dari 200.000 unit Galaxy Note 7 di tangan konsumen.

Pengguna gadget di Indonesia tidak terlibat kericuhan soal Galaxy Note 7 karena perangkat tersebut keburu di-recall sebelum sempat beredar di pasaran Tanah Air. Meski begitu, Samsung tetap membuka pusat recall di sejumlah bandara Indonesia sebagai langkah preventif.

Baca: Galaxy Note 7 yang Tak Ditukar Bakal Diblokir Internetnya



Sumber Ubergizmo
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X