10 Tahun Perjalanan, Begini Wajah iPhone dari Masa ke Masa

Kompas.com - 09/01/2017, 19:11 WIB
AP Photo Steve Jobs saat mendemonstrasikan aplikasi FaceTime

KOMPAS.com - Satu dekade sudah iPhone meramaikan iklim kompetisi di industri ponsel. Dalam perjalanannya, iPhone digadang-gadang sebagai pemimpin inovasi teknologi untuk ponsel pintar alias smartphone.

Bagaimana tidak, iPhone adalah ponsel pertama yang mampu menjalankan panggilan telepon, terhubung ke internet, menerima e-mail, mendengar musik, dan dinavigasi dengan jari manusia.

Pendiri Apple, Steve Jobs, dengan bangga memperkenalkan iPhone generasi awal pada 9 Januari 2007, dalam ajang MacWorld di San Francisco, Amerika Serikat. Ia menyebut iPhone bakal mendefinisikan kembali makna sebuah telepon genggam.

Klaim itu terbukti benar. iPhone mampu mengubah industri ponsel secara keseluruhan. Hingga kini, iPhone masih mempertahankan citranya sebagai produk premium, inovatif, dan berdesain elegan.

Tak jarang desain iPhone dijadikan kiblat untuk produk lain. Fitur-fiturnya pun kerap menginspirasi para vendor smartphone.

Selama 10 tahun berkiprah, iPhone sudah muncul sebanyak 15 seri. Berikut evolusi produknya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (9/1/2017).

Baca: Sorakan 10 Tahun yang Lalu saat iPhone Pertama Kali Diperkenalkan

iPhone (2007)

Ponsel ini menyita perhatian masyarakat AS dan para pecinta teknologi di seluruh dunia. Untuk pertama kalinya ponsel hadir dengan layar yang besar dan navigasinya menggunakan mekanisme sentuhan. 

Apple Apple iPhone generasi pertama.

Kala Jobs memeragakan cara menyapu layar dan menggesernya ke kiri dan kanan, hadirin yang menyaksikan acara peluncuran iPhone terkagum-kagum. Namun, ada harga yang harus dibayar mahal untuk menikmati inovasi teknologi tersebut.

iPhone dibanderol dengan harga yang cukup tinggi untuk kondisi saat itu, yakni Rp 6,6 jutaan untuk varian memori 4 GB dan Rp 8 jutaan untuk memori 8 GB.

iPhone 3G (2008)

Apple iPhone 3G

Sesuai namanya, iPhone generasi kedua dari Apple sudah mendukung koneksi 3G dan GPS. Peningkatan terbesarnya bisa ditengok dari sistem operasi iOS terbaru yang makin mumpuni.

Pengguna bisa mengakses push e-mail dan mengunduh beragam aplikasi mobile di toko aplikasi Apple App Store.

iPhone 3GS (2009)

Cult of Mac Ilustrasi

Pada dasarnya seri 3GS adalah seri 3G yang beberapa spesifikasinya diperbarui. Misalnya saja prosesor yang lebih cepat, serta kamera dengan resolusi lebih tinggi untuk merekam video 480p.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorDeliusno

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X