iPhone Berikutnya Tak Punya Tombol "Home"?

Kompas.com - 23/01/2017, 11:02 WIB
Gambar rekayasa digital iPhone 8. IstGambar rekayasa digital iPhone 8.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Tahun lalu, Apple memutuskan untuk menghilangkan jack audio 3,5 mm dari iPhone 7. Berikutnya, iPhone generasi terbaru yang bakal dirilis pada 2017 ini bisa saja kehilangan tombol fisik "Home".

Desas desus soal rencana menghilangkan tombol "Home" sebenarnya sudah terdengar sejak menjelang peluncuran iPhone 7. Tujuannya adalah untuk membuat iPhone dengan desain tanpa bezel atau bingkai.

Tapi pada akhirnya, tombol tersebut tak benar-benar hilang, melainkan didesain ulang dengan bentuk yang tersamarkan. Tombol Home di iPhone 7 bukan tombol mekanik, melainkan tombol dengan teknologi sentuhan taptic engine.

Kini, analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa metode taptic engine milik iPhone 7 itu sudah tak lagi berguna dalam desain iPhone terbaru.

Baca: iPhone 7 dan 7 Plus Dijual Resmi di Indonesia Maret?

Karena itu, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Mashable, Senin (23/1/2017), Apple berencana menghapus tombol Home seutuhnya dan menyematkan sensor biometrik di bawah layar iPhone generasi berikutnya.

Sensor tersebut tidak bisa diterapkan secara begitu saja. Menurut Kuo, Apple juga akan memutakhirkan sensor biometrik tersebut dengan teknologi Optical ID, sehingga sanggup memindai sidik jari dari balik layar ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila cara demikian berhasil diterapkan, maka Apple bakal semakin dekat untuk mewujudkan rencananya mengembangkan iPhone dengan layar tanpa bezel atau bingkai.

Selain rencana di atas, Kuo juga mengungkap bahwa Apple berniat memasang teknologi pemindai wajah atau facial recognition di iPhone generasi barunya. Jika ini terjadi, artinya ponsel akan lebih aman karena dapat dikunci menggunakan wajah pemiliknya.

Satu hal yang perlu dicatat, semua informasi di atas masih bersifat rumor dan prediksi, yang belum tentu terwujud. Tetapi jika rumor itu benar, Anda akan melihatnya di iPhone 8 atau apa pun nanti namanya yang dipilih Apple.

Baca: 10 Tahun Perjalanan, Begini Wajah iPhone dari Masa ke Masa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.