Akhirnya, Oppo Kalahkan iPhone di China

Kompas.com - 31/01/2017, 14:21 WIB
Pada sisi ini, iPhone 6S (atas) dan iPhone 7 (bawah) memiliki tombol yang sama dan berada di posisi yang sama Ars TechnicaPada sisi ini, iPhone 6S (atas) dan iPhone 7 (bawah) memiliki tombol yang sama dan berada di posisi yang sama
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Sudah sejak 2012 lalu, iPhone buatan Apple menjadi ponsel dengan penjualan tertinggi di China. Namun, sekarang, berdasarkan data dari Counterpoint Research, kondisi tersebut berubah.

Laporan tersebut mengungkap bahwa penjualan iPhone di China sepanjang tahun 2016 telah menurun. Sementara itu, yang naik drastis justru penjualan ponsel Oppo R9.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari CNBC, Selasa (31/1/2017), jumlah penjualan iPhone 6s di China sebesar 12 juta unit atau sekitar 2 persen dari total ponsel yang dijual di Negeri Tirai Bambu.

Sementara itu, Oppo R9 dibeli oleh lebih banyak orang. Total penjualannya mencapai 17 juta unit atau setara 4 persen dari total penjualan.

“Penjualan Apple, terutama iPhone 6s, semakin lambat pada tahun lalu. Namun, situasi tersebut membaik karena permintaan iPhone 7 di kuartal empat 2016 justru makin banyak,” demikian tertulis dalam penelitian tersebut.

Baca: Cerita Kota Kecil di China dengan Julukan iPhone City

“Walau demikian, Apple masih berada di posisi rawan, dan para pengguna sudah sangat menantikan kehadiran iPhone generasi terbaru,” pungkasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Counterpoint Research juga mencatat bahwa dibandingkan dengan Oppo, total pengapalan ponsel Apple ke China tergolong kecil. Pada 2016 lalu, pengapalan ponsel Oppo ke China terlihat naik 109 persen secara year on year.

Begitu pula dengan sejumlah vendor lain, seperti Vivo yang naik 78 persen dan Huawei naik 21 persen.

Sementara itu, pada kurun waktu yang sama, Apple justru melaporkan adanya penurunan total pengapalan ponsel ke China. Persentase penurunan tersebut mencapai 22 persen.

Baca: Oppo F1s Versi RAM 4 GB Resmi Dirilis di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.