Pembaruan Software Bikin PlayStation 4 Makin "Ngebut"

Kompas.com - 04/02/2017, 14:10 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sony segera merilis pembaruan firmware 4.50 untuk konsol PlayStation (PS) 4. Dalam firmware yang memiliki nama kode "Sasuke" itu, Sony bakal menghadirkan sebuah fitur yang membuat konsol andalannya makin "ngebut".

Nama mode tersebut adalah Boost Mode. Ia mampu meningkatkan kinerja CPU dan GPU agar frame rates dan juga waktu loading meningkat untuk beberapa judul game tertentu.

Meskipun begitu, mode tersebut baru akan hadir di PS 4 versi Pro, yang notabene memiliki CPU lebih kencang dari versi original. Game yang mendukung Boost Mode tersebut pun hanya yang sudah dirilis sebelum PS4 Pro hadir.

Baca: Update Besar PS4 Bisa Diunduh, Apa yang Baru?

"Game yang memiliki berbagai frame rate bisa saja mengambil keuntungan (dari mode tersebut) untuk frame rate yang lebih tinggi, dan waktu load lebih pendek di beberapa game juga," kata perwakilan Sony, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Cnet, Sabtu (4/2/2017).

PS4 tidak akan secara otomatis meningkatkan GPU dan CPU yang ada. Nantinya, pengguna bisa mengaktifkan mode tersebut di menu sistem.

Perusahaan asal Jepang itu masih bungkam perihal game apa saja yang akan mendukung mode "ngebut" tersebut. Diperkirakan, game lama seperti Bloodborne dan The Witcher 3: Wild Hunt yang akan memanfaatkan fitur tersebut.

Selain Boost Mode, firmware 4.50 akan membuat PS 4 mendukung media penyimpanan eksternal dengan kapasitas hingga 8 TB (harus lewat koneksi USB 3.0). Dengan adanya dukungan ini, pengguna nantinya bisa menginstalasi game langsung di media penyimpanan eksternal, tidak di harddisk internal PS 4.

Baca: Berapa Harga PlayStation 4 Slim Warna Putih?

Firmware Sasuke juga mengizinkan pengguna untuk memasang wallpaper sendiri. Selain itu, Sony juga akan memperbarui tampilan Quick Menu. Fitur dukungan harddisk eksternal, wallpaper custom, dan tampilan baru Quick Menu nantinya bisa dijajal di PS 4 dan PS 4 Pro.

Sayangnya, Sony tidak mengumumkan tanggal pasti hadirnya firmware 4.50.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.