Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bawa Pengalaman VR Langsung ke "Browser" Chrome

Kompas.com - 12/02/2017, 08:52 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Pengalaman realitas virtual alias virtual reality kini bisa langsung dirasakan melalui peramban Chrome di desktop dan smartphone Android. Hal tersebut dimungkinkan integrasi Google dengan teknologi WebVR.

Integrasi ini sejatinya bukan hal baru. Google sudah menggodoknya sejak pertengahan tahun lalu, namun baru dirilis secara komersil di awal tahun ini.

WebVR sendiri merupakan platform yang sudah ada sejak 2014. Platform itu tak lain adalah Javascript API yang digunakan untuk menikmati konten 360 derajat.

Artinya, pengguna Chrome untuk Android maupun desktop sudah bisa menjajal situs berkonten 360 derajat tanpa perlu beralih ke aplikasi khusus. Syaratnya, penjajalan itu perlu didukung ponsel dan headset yang sudah mendukung ekosistem VR milik Google, yakni Daydream.

Adapun ponsel-ponsel yang dikategorikan sebagai Daydream-ready adalah ZTE Axon 7, Google Pizel, Motorola Moto Z, serta yang selanjutnya Huawei Mate 9 Pro dan Asus ZenFone AR, seperti dirangkum KompasTekno dari Mashable, Minggu (12/2/2017).

Pengguna cukup masuk ke situs berkonten 360 derajat. Selanjutnya pilih opsi VR pada ponsel Daydream-ready, lalu pasang ponsel ke headset Daydream VR.

Jika tak punya headset-nya, pengguna tetap bisa menjajal konten 360 derajat. Namun, pengalamannya kurang maksimal karena pemindahan sudut pandang dilakukan dengan mouse pada desktop atau sapuan (swipe) pada layar ponsel.

Dengan WebVR, pengguna Chrome untuk Android dan desktop bisa langsung menikmati konten VR dari berbagai situs yang sudah mendukung.

Beberapa situs dan perpustakaan konten VR yang bisa dikunjungi antara lain Bear 71, Matterport, Within, Sketchfab, dan WebVR Lab. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com