Pemindai Sidik Jari iPhone Bakal Dipindah ke Layar?

Kompas.com - 18/02/2017, 14:20 WIB
iPhone SE (tengah), diapit iPhone 5S (kiri) dan iPhone 6S. Gambar tidak sesuai skala AppleiPhone SE (tengah), diapit iPhone 5S (kiri) dan iPhone 6S. Gambar tidak sesuai skala
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - iPhone masa depan mungkin tak bakal lagi memiliki tombol home berbentuk bundar yang selama ini menjadi salah satu ciri khas perangkat tersebut.

Gejalanya bisa dilihat dari sebuah paten teknologi baru bernama “interactive display with IR diodes” yang didapatkan oleh Apple.

Teknologi dimaksud berupa layar yang bisa memindai sidik jari dengan bantuan dioda yang memancarkan cahaya infra merah (IR).

Layar itu bisa menggantikan fungsi tombol home yang merangkap sebagai pemindai sidik jari sejak iPhone 5S dirilis 2013 lalu.

Adapun fungsi navigasi “home” bisa berupa virtual button yang ditempatkan di layar, seperti yang terdapat di sebagian model smartphone Android.

Apple Ilustrasi teknologi layar pemindai sidik jari dalam paten Apple.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Sabtu (18/2/2017), niat Apple “membuang” tombol home sebenarnya sudah tercium sejak lama.

Pada 2015 lalu, perusahaan berlambang buah apel tergigit ini diketahui mengajukan paten untuk teknologi pemindai sidik jari di balik layar gadget.

Tombol home sendiri telah setia menemani perjalanan iPhone sejak 2007. Apple mungkin merasa sudah waktunya tombol lawas itu dihilangkan, entah untuk menghemat tempat atau alasan lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti biasa, Apple menolak berkomentar mengenai paten tersebut. Belum jelas pula kapan teknologi ini akan mulai diterapkan di gadget besutannya, apakah di iPhone 8 atau generasi setelahnya.

Baca: Belum Dirilis, iPhone 8 Pecahkan Rekor Apple



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X