Kompas.com - 23/02/2017, 13:46 WIB
Gambar rekayasa digital iPhone 8. IstGambar rekayasa digital iPhone 8.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - iPhone 8 dijadwalkan meluncur pada Agustus 2017 mendatang atau sekitar enam bulan dari sekarang. Meski demikian, bocoran tentang ponsel yang menjadi penanda satu dekade usia iPhone tersebut sudah berseliweran di mana-mana.

Rumor terakhir datang dari analis kawakan dari KGU Securities, Ming-Chi Kuo. Ia mengatakan iPhone 8 bakal dilengkapi kamera depan yang revolusioner.

Tak cuma menghasilkan foto dengan sudut pandang datar alias 2D, kamera depan iPhone 8 juga dikatakan bisa menghasilkan foto selfie 3D, sebagaimana dilaporkan TrustedReviews dan dihimpun KompasTekno, Kamis (23/2/2017).

Hal ini dimungkinkan kemampuan sensor kedalaman 3D yang mampu mendeteksi kedalaman objek foto. Selain itu, ada juga modul infra merah yang bisa menggabungkan data dari foto 2D untuk menyatukannya dengan teknologi pengenal wajah dan iris pengguna.

Hasilnya, pengguna dapat menjadikan selfie miliknya sebagai karakter game 3D. Hal ini sekaligus memperkuat kabar bahwa Apple bakal fokus mengimplementasikan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) pada iPhone berikutnya.

Selain tentang selfie 3D, ada beberapa kemampuan iPhone 8 yang sebelumnya diumbar Kuo. Salah satunya tentang desain tanpa bingkai (bezel-less) dan melengkung di dua sisi ponsel.

iPhone 8 juga dikatakan bakal menggunakan layar OLED dan memiliki fitur pengecasan nirkabel alias wireless charging. Apple belum mengonfirmasi berbagai prediksi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kuo sendiri dikenal sebagai analis yang sering "meramal" produk Apple dengan akurat. Benar atau tidaknya "ramalan" soal iPhone 8 bisa diketahui dalam beberapa bulan mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.