Kompas.com - 09/03/2017, 13:13 WIB
Ilustrasi maskapai Australia, Qantas. istIlustrasi maskapai Australia, Qantas.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Maskapai flag carrier Australia, Qantas menghadirkan pengalaman baru in-flght entertainment (IFE) dengan bekerja sama dengan Netflix dan Spotify. Koleksi film-film Netflix dan musik Spotify kini bisa di-streming dari kabin pesawat.

Menurut keterangan tertulis Qantas yang diterima KompasTekno, Kamis (9/3/2017), layanan ini tersedia di penerbangan domestik Qantas yang memiliki fasilitas Wi-Fi. Selain Netflix dan Spotify, ada pula layanan streaming olahraga, Foxtel.

Qantas mulai menghadirkan layanan streaming video dan audio ini sejak akhir Februari 2017 lalu. Armada Boeing 737 dan Airbus A330 domestik lainnya milik Qantas akan dilengkapi pula dengan layanan tersebut mulai pertengahan 2017.

“Mengakses e-mail, belanja online, maupun menjelajah internet akan menjadi aktivitas yang umum dilakukan ketika kami menghidupkan layanan Wi-Fi kami," kata Qantas Group Executive of Brand, Marketing & Corporate Affairs, Olivia Wirth.

"Namun, kami juga sadar bahwa hal lain yang paling dinanti para pelanggan ketika terbang adalah kesempatan untuk menonton acara TV atau film blockbuster yang belum sempat mereka tonton di rumah,” imbuh Wirth.

Meskipun Foxtel, Netflix dan Spotify merupakan penyedia jasa langganan berbayar, ketiganya akan memberikan akses gratis kepada para penumpang Qantas, baik di dalam maupun di luar pesawat, selama jangka waktu tertentu, mulai dari tiga hari hingga satu bulan setelah perjalanan mereka bersama Qantas.

Untuk mengakses ketiga layanan tersebut, penumpang diminta untuk log-in melalui perangkat pribadi mereka, bisa smartphone, tablet, maupun laptop. Qantas tidak menyertakan unit IFE di masing-masing kursi.

Saat log-in ke dalam Wi-Fi Qantas dengan perangkatnya masing-masing, pelanggan akan langsung disambut oleh sebuah laman arahan dengan berbagai pilihan

Selain terkoneksi dengan Netflix, Spotify dan Foxtel, laman ini juga akan menampilkan data penerbangan secara real time; beragam pilihan hotel, restoran, maupun transportasi di tempat tujuan; laporan cuaca terbaru; serta informasi personal yang disesuaikan dengan rencana perjalanan dan akun Frequent Flyer masing-masing pelanggan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.