Kompas.com - 27/03/2017, 17:10 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Emojipedia mengumbar desain awal paket emoji yang berpotensi hadir tahun ini. Desain tersebut sudah diajukan ke konsorsium Unicode sejak akhir 2016 lalu.

Dari 51 emoji dalam satu paket, ada beberapa yang menarik perhatian. Di antaranya ada emoji perempuan mengenakan hijab dan ibu yang sedang menyusui.

Desain demikian menegaskan peran emoji sebagai wadah berekspresi bagi siapa saja, bukan cuma kelompok mayoritas.

Untuk emoji hijab sendiri sebenarnya telah lama diajukan beberapa pihak. Terakhir, pada September 2016 lalu, remaja 15 tahun asal Arab bernama Rayouf Alhumedhi yang meminta emoji hijab dikabulkan oleh Unicode.

Selain hijab dan ibu menyusui, beberapa emoji lainnya adalah kepala meledak, ekspresi muntah, daging merah, ricebox, zebra, t-rex, pretzel, tangan metal, dan dua tangan menengadah seperti berdoa. Meski demikian, dari 51 emoji dalam paket yang diajukan Emojipedia, belum tentu semuanya disetujui Unicode.  

"Bisa saja ada yang berubah (dari paket yang diajukan)," kata perwakilan Emojipedia, sebagaimana dilaporkan TheNextWeb dan dihimpun KompasTekno, Senin (27/3/2017).

Emojipedia merupakan layanan mesin pencari khusus sekaligus perancang emoji. Sementara itu, Unicode adalah sebuah lembaga yang menetapkan standar pada hal penyandian (encoding), termasuk emoji, pada industri komputer.

Sebelumnya, pada pertengahan 2016 lalu, 72 emoji baru dalam satu paket dikeluarkan Unicode. Paket tersebut didominasi oleh emoji dengan profesi kerja.

Tiap pekerjaan ada perwakilan emoji pria maupun perempuan, sehingga menegaskan prinsip kesetaraan gender. Pekerjaan itu mulai dari insinyur, dokter, rockstar, montir, pelukis, hakim, kimiawan/kimiawati, pemadam kebakaran, hingga guru dan koki.

Emoji yang baru diajukan pada akhir 2016 ini naga-naganya bakal meluncur resmi pada pertengahan 2017 nanti. Kita tunggu saja.

Baca: Tidak Ada Kondom di Daftar Emoji Terbaru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.