Waspada, Video Berkedok Kartun Anak Beredar di YouTube

Kompas.com - 29/03/2017, 07:14 WIB
Logo YouTube GoogleLogo YouTube
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Ribuan video di YouTube terlihat seperti versi kartun populer tetapi ternyata berisi konten yang kasar dan tidak pantas yang tidak cocok untuk anak-anak.

Jika kita tidak terlalu memperhatikan, mungkin video ini terlihat seperti sebuah video biasa menampilkan Peppa Pig, bintang babi tengil dari serial animasi itu.

Namun segera setelah menekan tombol 'putar' atau 'play' pada klip YouTube ini, kisahnya berubah jadi gelap. Seorang dokter gigi dengan jarum suntik besar muncul. gigi Peppa ditarik keluar. Tangisan pilu bisa didengar di soundtrack-nya.

Laura June, seorang wartawan segera melihat sesuatu yang tidak benar saat putrinya yang berusia tiga tahun menonton itu.

"Peppa banyak berteriak dan menangis dan dokter giginya benar-benar sadis dan hal itu jauh, jauh sekali dari kepatutan tontonan bagi anak berusia tiga tahun," kata June.

"Betapa pun animasi itu mirip sekali dengan Peppa - agak kasar tapi cukup mirip untuk membuat putri saya yakin, 'Ini adalah Peppa Pig.'" tambah June.

Ini sama sekali bukan kasus khusus. BBC Trending menemukan ratusan video serupa sosok kartun anak-anak dengan tema yang tidak pantas. Selain Peppa Pig, ada video serupa yang menampilkan karakter dari film-film Disney Frozen, waralaba Minion, Doc Mcstuffins, Thomas the Tank Engine, dan banyak lagi.

Beberapa video merupakan parodi atau materinya jelas dimaksudkan untuk pemirsa dewasa. Lainnya merupakan salinan ilegal dari suatu film kartun atau menggunakan sosok kartun yang mungkin melanggar hak cipta mungkin, tapi belum tentu berbahaya bagi anak-anak.

Namun banyak video yang seperti dilihat puteri Laura June, baik berisi konten bermasalah dan lolos sebagai tontonan yang terlihat seakan kartun asli, terutama jika dilihat oleh anak-anak.

Ratusan video macam ini ada di YouTube, dan banyak yang memperoleh jutaan klik. Saluran "Toys and Funny Kids Surprise Eggs" adalah salah satu dari 100 akun YouTube paling banyak ditonton dan video-videonya mendapatkan lebih dari lima miliar klik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X