Kompas.com - 29/03/2017, 07:29 WIB
Facebook Messenger Android PoliceFacebook Messenger
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Facebook menambahkan fitur berbagi lokasi "Live Location" di aplikasi Messenger. Fitur ini memungkinkan penggunanya berbagi lokasi secara langsung (real time) dalam jangka satu jam. Fitur berbagi lokasi ini bersaing dengan fituryang sudah dimiliki Apple dan Google Maps.

Facebook mendapati satu frasa yang sering digunakan saat bercakap-cakap dengan teman dan keluarga di Messenger, yakni "Sedang di mana?" atau beberapa variasinya, kata Kepala Produk Messenger, Stan Chudnovsky, dalam sebuah wawancara.

"Begitulah kira-kira yang dikatakan, tentang apa yang paling menarik untuk mereka," kata Stan dilansir Antara, Rabu (29/3/2017).

Untuk menggunakan fitur berbagi lokasi di Messenger, perbarui aplikasi Messenger lewat Play Store di Android, atau App Store di iOS.

Berbagi informasi lokasi sifatnya pilihan, tapi dapat dilakukan secara langsung, sehingga saat seorang pengguna membagikan lokasinya kepada seorang teman, teman itu dapat melihat pergerakan pengguna selama 60 menit.

Messenger pernah menjadi salah satu bagian inti aplikasi Facebook di smartphone, namun sejak 2014 perusahaan itu memisahkan fitur mengobrol tersebut dan terus membuat perubahan untuk membuat layanan terpisah dari jejaring sosial.

Facebook telah menguji fitur berbagi lokasi ini di Meksiko sekitar Oktober tahun lalu dan sudah siap ketika itu. Namun perusahaan bekerja memperbaikinya selama lima bulan lebih untuk meminimalkan dampaknya ke daya tahan baterai smartphone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chudnovsky mengatakan, Facebook melihat fitur digunakan untuk kenyamanan berkoordinasi dengan teman dan tujuan-tujuan keamanan lain. Pembaruan tersebut akan tersedia secara global menurut perusahaan.

Google Maps pekan lalu menyatakan menambahkan fitur langsung serupa untuk meningkatkan keterikatan pengguna produk tersebut.

Baca: Google Maps Kini Bisa Lacak Perjalanan Teman

Kedekatan pengumuman penambahan fitur itu memberi tahu Facebook "bahwa kami mengerjakan hal yang tepat" menurut Chudnovsky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.