Kompas.com - 25/04/2017, 06:50 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple diketahui sedang membuat tim yang sanggup menangani permasalahan satelit internet. Hal ini terindikasi dari perekrutan yang baru-baru ini dilakukan raksasa teknologi itu.

Karyawan yang baru saja direkrut Apple adalah John Frenwick, mantan Head of Spacecraft Operations di Google; dan Michael Trela, rekan Henwick sekaligus Head of Satellite Engineering.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (25/4/2017), kedua mantan pegawai Google itu akan ditempatkan dalam tim baru. Tim ini dipimpin oleh Greg Duffy, founder perusahaan teknologi Dropcam.

Pada 2015 Duffy sempat tergabung dalam Nest, anak usaha Alphabet yang membidangi pengembangan teknologi rumah pintar. Dia bergabung karena Nest telah membeli Dropcam. Namun pada tahun yang sama dengan pembelian itu, Duffy memutuskan untuk mengundurkan diri.

Sekarang, Duffy bekerja sebagai karyawan Apple untuk posisi yang dirahasiakan. Soal pekerjaan yang dilakukna Duffy dan timnya pun turut ditutup rapat-rapat.

Hanya saja, mempertimbangkan kemampuan Fenwick, bisa diprediksi dengan jelas bahwa Apple sedang mengincar pengembangan teknologi pengiriman sinyal internet.

Apalagi Fenwick merupakan salah satu pendiri SkyBox Imaging, yakni perusahaan satelit yang dibeli oleh Google pada 2014 dan akhirnya pada 2017 ini dijual ke Planet Labs.

Kerja sama dengan Boeing?

Indikasi mengenai Apple yang masuk ke bisnis satelit sendiri terdengar agak aneh. Pasalnya raksasa teknologi itu tak memiliki portofolio atau pengalaman apa pun dalam bisnis tersebut.

Di sisi lain, seorang konsultan telekomunikasi Tim Farrar merilis catatan yang mengatakan bahwa Apple mengucurkan dana untuk proyek internet milik Boeing. Proyek internet yang dimaksud berupaya mengembangkan pengiriman sinyal internet memakai satelit low-orbit.

Perlu diketahui bahwa semua informasi tersebut baru indikasi saja. Apple boleh jadi membatalkan rencananya, tidak memiliki rencana seperti disebutkan, atau ternyata memang benar-benar sedang melakukan semua hal tersebut.

Satu hal yang cukup jelas untuk disimpulkan adalah bahwa CEO Apple Tim Cook tampaknya mulai serius berpikir untuk menjalankan segmen bisnis lain di luar smartphone atau perangkat konsumer sejenis.

Baca: Delapan Satelit yang Pernah Diluncurkan Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Apple
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.