Penjualan iPhone Turun, CEO Apple Salahkan Media

Kompas.com - 05/05/2017, 08:52 WIB
CEO Apple Tim Cook berbicara dalam acara yang diselenggarakan Apple di Flint Center for the Performing Arts, di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (9/9/2014). Pada acara itu Apple meluncurkan Apple Watch dan dua iPhone terbaru, iPhone 6 dan iPhone 6 plus. GETTY IMAGES / AFP PHOTO / JUSTIN SULLIVANCEO Apple Tim Cook berbicara dalam acara yang diselenggarakan Apple di Flint Center for the Performing Arts, di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (9/9/2014). Pada acara itu Apple meluncurkan Apple Watch dan dua iPhone terbaru, iPhone 6 dan iPhone 6 plus.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Penjualan iPhone melambat pada awal tahun ini, yakni dalam tiga bulan sejak 1 Januari hingga 1 April 2017. Apple itu cuma menjual 50,8 juta unit iPhone dibandingkan 51,2 juta unit iPhone pada periode yang sama tahun lalu.

Menurut CEO Apple, Tim Cook, perlambatan ini gara-gara media massa terlalu agresif melaporkan soal iPhone berikutnya yang diramalkan meluncur pada September 2017.

"Kami melihat ada perlambatan pembelian iPhone, yang kami yakini karena pemberitaan iPhone masa depan terlalu banyak," kata Cook, sebagaimana dilaporkan TrustedReviews dan dihimpun KompasTekno, Jumat (5/5/2017).

Diketahui, iPhone keluaran 2017 yang digadang-gadang bernama "iPhone 8" bakal menandai 10 tahun usia ponsel buatan Apple tersebut. Bejibun bocoran soal lini itu sudah wara-wiri di internet.

Menurut berbagai sumber, iPhone 8 bakal benar-benar beda dari lini sebelumnya. Antara lain, ponsel itu akan menggunakan layar AMOLED dan mengusung desain berbalut kaca di sekujur tubuhnya.

Cook menilai para fanboy iPhone menunda pembelian iPhone 7 dan 7 Plus keluaran 2016 karena ingin menunggu iPhone 8. Posisi iPhone di pasar China yang selama ini dominan pun disebut merosot. Tapi, Cook berkilah pertumbuhan iPhone di luar pasar Negeri Tirai Bambu tetap melaju pesat.

"Di luar China, kami melihat pertumbuhan yang tetap tinggi. Ada banyak yang beralih dari ponsel lain ke iPhone," Cook mengklaim.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlepas dari itu semua, Cook masih enggan berkomentar soal iPhone 8. Ia tak mengonfirmasi namun juga tak membantah rumor yang menyebut iPhone 8 bakal jadi titik balik Apple dalam industri ponsel.

Baca: Qualcomm Ingin Blokir Impor iPhone?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.