Kompas.com - 15/05/2017, 10:14 WIB
Microsoft IstMicrosoft
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Kasus ransomware WannaCry telah menyita perhatian penggiat teknologi di seluruh dunia. Banyak pihak yang melontarkan pendapatnya. Bagaimana dengan pendapat Microsoft, si empunya sistem operasi?

Dikutip KompasTekno dari LA Times, Senin (15/5/2017), eksekutif di Microsoft mengkritisi secara tajam intelijen Amerika Serikat (AS) yang dianggap berperan dalam penyebaran ransomware.

"Serangan ini menjadi contoh bahwa menyimpan kelemahan dalam sistem operasi (vulnerability) oleh pemerintah bisa menjadi masalah," ujar Brad Smith, President and Chief Legal Officer Microsoft.

Bahkan, Smith mengibaratkan kasus ransomware WannaCry ini mirip dengan kasus misil Tomahawk yang dicuri dari militer AS.

"Serangan baru-baru ini juga menggambarkan hubungan yang mengkhawatirkan antara dua bentuk ancaman cyber paling serius, yakni aksi negara dan organisasi kriminal," imbuh Smith.

Ransomware WannaCry dikabarkan dibuat menggunakan tool yang dimiliki oleh badan intelijen AS, NSA.

Tool tersebut dicuri dan dibocorkan oleh kelompok hacker bernama Shadow Broker pada April lalu. Celah keamanan yang dieksploitasi oleh WannaCry dikenal dengan istilah EternalBlue.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Eksploitasi NSA inilah yang dibocorkan oleh kelompok hacker Shadow Broker, lalu kemudian dikembangkan menjadi ransomware.

Microsoft sendiri sebenarnya telah merilis patch (tambalan) untuk lubang keamanan ini di sistem operasinya, sejak Maret lalu. Meski demikian, NSA tetap mengeksploitasi kelemahan itu dan menjadikannya sebagai senjata mata-mata.

Baca: Kronologi Serangan Ransomware WannaCry yang Bikin Heboh Internet

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber LA Times
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.