Apple Akhirnya Akui Bikin Mobil Tanpa Sopir

Kompas.com - 14/06/2017, 13:10 WIB
CEO Apple Tim Cook berbicara dalam acara yang diselenggarakan Apple di Flint Center for the Performing Arts, di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (9/9/2014). Pada acara itu Apple meluncurkan Apple Watch dan dua iPhone terbaru, iPhone 6 dan iPhone 6 plus. GETTY IMAGES / AFP PHOTO / JUSTIN SULLIVANCEO Apple Tim Cook berbicara dalam acara yang diselenggarakan Apple di Flint Center for the Performing Arts, di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (9/9/2014). Pada acara itu Apple meluncurkan Apple Watch dan dua iPhone terbaru, iPhone 6 dan iPhone 6 plus.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple akhirnya mengakui pihaknya tengah menggarap proyek mobil otonomos. Hal tersebut diumbar oleh CEO Apple, Tim Cook, dalam sebuah wawancara langsung di televisi.

"Kami fokus pada sistem otomatis," kata Cook ketika ditanya tentang industri otomotif, sebagaimana dilaporkan Time dan dihimpun KompasTekno, Rabu (14/6/2017).

Mendengar mobil otonomos, yang kerap terbesit di benak adalah mobil tanpa awak alias self-driving car. Menurut Cook, proyek mobil otonomos Apple akan lebih dari itu.

“Tentu saja salah satu tujuan sistem mobil otonomos adalah self-driving car. Tapi tak sekadar itu, kami juga menyiapkan hal-hal lain,” ia menjelaskan.

Pengakuan pertama

Pengakuan ini adalah yang pertama kalinya terdengar setelah bertahun-tahun Apple dirumorkan akan mendalami industri mobil otonomos. Inisiasi awalnya yang disebut Project Titan dilaporkan sekitar 2014, namun tak detail.

Apple sempat pula disebut-sebut akan membuat mobil listrik sendiri pada 2019. Bocoran itu terbantahkan pada akhir 2016 lalu, di mana Apple dikatakan tak akan membuat mobil listrik sendiri namun menciptakan sistem teknologi serba otomatis untuk self-driving car.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa saat lalu, Apple telah menguji coba sistem mobil otonomosnya di area publik. Menurut bocoran dokumen, Apple telah mengantongi izin untuk menguji tiga self-driving car di jalanan California, AS.

Hal ini tak ditanggapi lebih lanjut oleh Cook. "Kita lihat saja ke depan seperti apa,” ujar Cook kala itu.

Ketika dikorek lagi, Cook menyudahi dengan kalimat, “Kami tak mengatakan apa yang akan kami lakukan.”

Pengakuan Cook soal proyek mobil otonomos bersamaan dengan klaim dari Alphabet Waymo dan Uber yang menyebut mereka adalah pemimpin di industri mobil otomatis. Perusahaan-perusahaan di Silicon Valley juga tengah gencar menggarap teknologi artificial-intelligence yang menurut Cook sebagai inti dari pengembangan self-driving car.

“Kami melihatnya (mobil otonomos) sebagai ibu dari semua proyek artificial-intelligence,” kata Cook.

“Mungkin mobil otomatis merupakan proyek artificial-intelligence yang paling sulit,” ia menambahkan.

Baca: Mobil Otonomos Apple Digarap oleh Jebolan BlackBerry



Sumber TIME
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.