Kompas.com - 19/06/2017, 06:38 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Laman utama mesin pencarian Google hari ini, Senin (19/6/2017), dihiasi dengan ilustrasi serombongan orang yang berada dalam sebuah mobil dan tumpukan barang berlogo Google. Mengapa demikian?

Ternyata Google turut merayakan musim mudik di Indonesia melalui doodle. Ilustrasi yang dipampang itu merupakan penanda dimulainya musim mudik 2017.

"Doodle hari ini menandai dimulainya masa Mudik, sebuah kepulangan tahunan di Indonesia," tulis Google perihal doodle Musim Mudik 2017 tersebut.

Tampak satu keluarga yang sedang dalam perjalanan mudik menggunakan mobil. Sang ayah mengendarai mobil tersebut, di belakangnya terdapat anggota keluarga. Di bagian atap mobil, tampak berbagai barang bertuliskan "Google" yang ditumpuk.

Di sebelahnya, tampak pengendara sepeda motor yang juga dalam perjalanan mudik, lengkap dengan tumpukan barang di bagian belakang. Tampak juga berbagai jenis kendaraan lain di sekitar mobil dan motor itu.

"Pemudik pulang ke rumah dengan cara apapun -dengan sepeda motor, kereta, mobil, dan bus. Pemerintah daerah bahkan menawarkan mudik gratis, tiket diskon membantu pengendara motor untuk naik feri dan bus," kata Google untuk menjelaskan Musim Mudik 2017.

Selain itu, Google menuliskan bahwa musim mudik ini ternyata dapat membuat sebuah kota nyaris sepi karena ditinggal para pemudik.

"Faktanya, penggunaan listrik di Jakarta bisa menurun hingga 70 persen saat mudik!" kata Google.  

Pantauan KompasTekno, saat pengguna mengklik ilustrasi tersebut, maka Google akan otomatis menampilkan berbagai hasil pencarian dengan kata kunci “mudik”.

Mudik sendiri merupakan istilah yang digunakan oleh orang Indonesia untuk menyebut kegiatan pulang ke kampung halaman. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan pada saat libur hari raya dan berulang setiap tahun.

Dalam hal ini, mudik yang dirayakan oleh Google adalah mudik yang terjadi pada libur Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2017.

"Aman di perjalanan dan selamat Mudik!" ucap Google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.