Pemasangan Kabel Bawah Laut "Palapa Ring Barat" Resmi Dimulai

Kompas.com - 06/08/2017, 14:40 WIB
(tengah) Menkominfo Rudiantara dalam acara peresmian pemasangan kabel serat optik bawah laut Palapa Ring Barat di Batam, Minggu (6/8/2017). dok. Kemenkominfo(tengah) Menkominfo Rudiantara dalam acara peresmian pemasangan kabel serat optik bawah laut Palapa Ring Barat di Batam, Minggu (6/8/2017).

KOMPAS.com - Pemasangan kabel serat optik bawah laut dalam proyek Palapa Ring Barat telah resmi dimulai. Pembangunan tersebut rencananya akan dilakukan dalam dua tahap pengerjaan.

Tahap pertama, total panjang kabel serta optik bawah laut yang digelar adalah sekitar 1.242 km. Kabel ini bakal meliputi segmen Tanjung Bembam Batam – Tarempa (sepanjang 369 km); segmen Tarempa – Ranai (322 km); segmen Ranai – Singkawang (352 km); dan segmen Sekanah Daik Lingga – UQJ Bintan Tanjung Bembam (199 km).

Selanjutnya tahap kedua adalah pembangunan kabel serat optik bawah laut dari Batam – Karimun – Tebing Tinggi – Bengkalis – Siak serta segmen Daik Lingga – Kuala Tungkal.

“Dari pembangunan Palapa Ring Barat ada sisi darat dan sisi lautnya, saya diberitahu kalau sisi darat sepenuhnya telah selesai. Sekarang betul-betul kabel optik nya yang digelar di sisi laut, kabel optik di tarik  digelar di bawah laut sampai ke landing stasiun tujuan,” terang Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam keterangan resminya pada KompasTekno, Minggu (6/8/2017).

Pemasangan kabel serat optik bawah laut tahap pertama dilakukan menggunakan kapal Limin Venture, berjenis vessel, yang memakai bendera Indonesia.

Tahap pertama itu ditargetkan selesai pada akhir Desember 2017 mendatang. Sedangkan pemasangan kabel serta optik bawah laut tahap kedua rencananya dilaksanakan pada awal September dan ditargetkan rampung pada akhir Desember 2017.

Proyek Palapa Ring Barat telah mencapai financial close sejak sekitar setahun lalu. PT Palapa Ring Barat yang merupakan Badan Usaha Pelaksana diberi waktu 18 bulan untuk menyelesaikan seluruh pembangunan serta mulai beroperasi. Namun ada kemungkinan Palapa Ring Barat bakal lebih cepat memulai operasinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Untuk Palapa Ring Barat secara kontrak seharusnya selesai pada bulan Februari 2018, tadi saya bicara dengan Pelaksana Palapa Ring Barat yang akan didorong untuk selesai di akhir 2017, Insya Allah bisa,” terang Rudiantara.

Palapa Ring merupakan program yang menghubungkan seluruh ibu kota kabupatan/kota dengan kabel optik  terutama untuk daerah yang saat ini belum dijamah dengan Internet berkecepatan tinggi. Semua harus selesai di tahun 2019.

Untuk pembangunan Proyek Palapa Ring Paket Barat terdapat beberapa tahapan (milestone) dalam pelaksanaannya, mulai dari proses akuisisi lahan, pekerjaan civil, mechanical dan electrical Network Operation Center (NOC) dan Beach Man Hole (BMH), penggelaran kabel serat optik darat, penggelaran kabel serat optik laut, instalasi perangkat aktif, dan Network Management System.

Pembangunan di sisi darat seluruhnya sudah selesai, sehingga sekarang dimulai pemasangan kabel serat optik bawah laut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.