Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarahah Viral di Indonesia, Apa Bedanya dengan Ask.fm?

Kompas.com - 24/08/2017, 18:36 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Kehadiran layanan "kotak saran" online bertajuk "Sarahah" meramaikan industri jejaring sosial. Baru dirilis pada Februari lalu, aplikasi Sarahah sudah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Netizen Tanah Air turut berkontribusi terhadap popularitas Sarahah. Di Instagram, netizen berbondong-bondong meminta follower mengirimkan pesan ke akun Sarahah mereka.

Di Twitter, pembahasan soal Sarahah pun mengundang banyak opini. Ada yang beranggapan Sarahah sama saja dengan layanan tanya-jawab Ask.fm, benarkah demikian?

Sarahah dan Ask.fm memang sama-sama menjunjung sifat anonimitas, meski Ask.fm bisa pula memunculkan identitas. Kedua layanan juga menjadikan "kolom pesan" sebagai fitur utama.

Meski demikian, ditilik dari tujuan dan mekanismenya, Sarahah dan Ask.fm sebenarnya berbeda. Sarahah bertujuan memediasi orang-orang terdekat untuk saling bertukar opini jujur, baik berupa saran, kritik, hingga pujian.

Anonimitas dimanfaatkan agar seseorang tak segan memberikan masukan dan tak perlu takut teman atau kerabat tersinggung. Dengan begitu, teman yang diberikan saran bisa mengenali kekuatan dan potensi diri yang masih perlu ditingkatkan.

Berbeda dengan Ask.fm yang dari namanya saja artinya "bertanya". Di Ask.fm, para pengguna saling melempar pertanyaan tentang apa saja, bukan bertukar saran untuk saling menambah kapasitas diri.

Layanan ini digandrungi anak remaja. Biasanya para remaja memanfaatkan Ask.fm untuk bertanya masalah percintaan, pendidikan, hingga hobi. Meski demikian, tak jarang pula yang memafaatkannya untuk ajang bully dengan topeng "anonim".

Selain dari karakter dan tujuannya, mekanisme Sarahah dan Ask.fm pun beda. Di Sarahah, pengguna tak bisa merespons saran atau kritik yang diterima. Pengguna cuma bisa merenunginya untuk jadi bahan intropeksi diri.

Di Ask.fm, pertanyaan-pertanyaan justru untuk dijawab. Dari situ munculah fenomena seleb Ask.fm, yakni mereka yang punya banyak pengikut, menerima banyak pertanyaan, serta menghimpun banyak like dari jawaban-jawaban mereka.

Jika Anda penasaran dengan pengalaman menjajal Sarahah, cukup unduh aplikasinya di toko aplikasi Google Play Store atau Apple App Store. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com