Kompas.com - 04/09/2017, 17:59 WIB
Chief Executive Officer HMD Global, Florian Seiche HMD GlobalChief Executive Officer HMD Global, Florian Seiche
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - HMD Global, pemegang lisensi smartphone Nokia, mengumumkan mulai merakit smartphone di Indonesia. Proses perakitan diselenggarakan melalui kerja sama dengan PT Sat Nusapersada Tbk.

Perakitan sendiri akan dilakukan langsung di fasilitas miliki Sat Nusapersada di Batam. Masih belum diketahui, seri perangkat Nokia apa saja yang sudah dirakit di pabrik Sat Nusapersada itu.

Kerja sama perakitan ini merupakan upaya HMD Global untuk memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Sebagaimana diketahui, vendor gadget 4G mesti memenuhi TKDN minimal 30 persen agar diperbolehkan menjual perangkat di Indonesia.

“Bagi HMD, Indonesia merupakan pasar yang sangat penting di Asia. Untuk itu kami berkomitmen untuk mengembangkan bisnis, dan mematuhi kebijakan dan peraturan-peraturan pemerintah yang ada,” kata Chief Executive Officer HMD Global, Florian Seiche, melalui keterangan resminya kepada KompasTekno, Senin (4/9/2017).

“Merek Nokia telah lama dikenal melalui inovasi dan keberagaman desain ponselnya. Di era ponsel pintar (smartphone) saat ini, Nokia memasuki babak baru dimana HMD menggabungkan merek Nokia yang ikonik dengan penggunaan sistem operasi Android terbaru,” imbuhnya.

Baca: Resmi, Android Nokia 8 Diperkuat Lensa Carl Zeiss dan Snapdragon 835

Melalui kerja sama perakitan tersebut, HMD Global mendapatkan nilai TKDN 30,52 persen. Artinya smartphone merek Nokia yang dibuatnya sudah boleh dipasarkan dan dipastikan dalam waktu dekat akan masuk ke Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nokia sendiri memiliki beberapa tipe smartphone, seperti Nokia 3, 5, 6, dan 8. HMD Global sendiri dikabarkan akan memasarkan Nokia 3, 5, dan 6 di Indonesia.

Di sisi lain, HMD Global memastikan bahwa mereka bakal menggelar acara peluncuran serangkaian smartphone pada 14 September 2017. Smartphone Nokia tersebut kemungkinan akan dipasarkan oleh Erajaya Group.

Baca: Apple Bayar Uang Damai Rp 26,6 Triliun ke Nokia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.