Kamera Mirrorless Fujifilm X-Pro2 Kini Bisa Merekam Video 4K

Kompas.com - 08/09/2017, 08:04 WIB
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorReska K. Nistanto
TOKYO, KOMPAS.com - Setelah lebih dari 1,5 tahun "mentok" dengan standar video full-HD, kamera mirrorless Fujifilm X-Pro2 kini mampu merekam video dengan resolusi 4K. Pembaruan tersebut datang melalui update firmware versi 4.0 yang diluncurkan Fujifilm, bersama dengan kamera mirrorless X-E3 dan sejumlah lensa, Kamis (7/9/2017) ini, di Tokyo, Jepang. 
 
Kemampuan perekaman video Fujifilm X-Pro2 dalam hal resolusi, kini menjadi setara dengan dua saudaranya, yakni mirrorless X-T2 dan X-T20 yang muncul belakangan.

Ketiga kamera ini sama-sama menggunakan sensor Fujifilm X-Trans III resolusi 24 megapiksel dan chip pengolah gambar X Processor Pro. Namun, hanya X-Pro2 yang tidak memiliki kemampuan merekam video 4K sedari awal.

 
Seperti dua saudaranya pula, X-Pro2 yang desainnya serupa kamera rangefinder jadul juga mampu merekam video dengan berbagai simulasi film yang tersedia, seperti preset film positif Velvia, Provia, dan Astia, hingga Classic Chrome.

Baca: Mirrorless Fujifilm X-E3 Resmi Diluncurkan

 
Pembaruan lain yang ikut disertakan dalam update firmware versi 4.0 untuk X-Pro2 mencakup dukungan tether shooting via USB atau Wi-Fi, peningkatan kecepatan tracking autofocus, dan dukungan high-speed sync untuk flash studio pihak ketiga, software Fujifilm X RAW Studio, serta backup setting kamera lewat software Fujifilm X Acquire.
 
Di samping X-Pro2, tiga model kamera lain, yakni mirrorless X-T2 (versi 3.00) dan X-T20 (versi 1.10) , serta premium compact X100F (versi 2.00), ikut mendapat update firmware dengan daftar pembaruan masing-masing.
 
Adapun X100F masih belum mendapat fitur perekaman video 4K. Belum diketahui apakah Fujifilm nantinya akan menambahkan fitur tersebut ke X100F atau tidak.

Baca: Deretan Lensa-lensa Baru Fujifilm, dari Makro hingga Telephoto

 
Untuk saat ini, situs Fujifilm masih belum menampilkan link download untuk firmware terbaru dari empat kamera dimaksud. Apabila sudah tersedia, update firmware bisa diunduh dari tautan berikut.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.