Adobe Perkenalkan Aplikasi Edit Foto Lightroom CC Berbasis Cloud

Kompas.com - 20/10/2017, 19:31 WIB
Dua versi Lightroom yang ada saat ini, Lightroom CC dan Lightroom Classic CC AdobeDua versi Lightroom yang ada saat ini, Lightroom CC dan Lightroom Classic CC
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sejalan dengan pergeseran tren fotografi yang semakin mengarah ke perangkat mobile dan akses dari manapun dengan jaringan cloud storage, Adobe memperkenalkan aplikasi pengolah foto baru bernama Photoshop Lightroom CC (Creative Cloud).

Aplikasi tersebut berbeda dari Lightroom CC (misalnya Lightroom CC 2015) sebelumnya yang merupakan versi paket berlangganan dari aplikasi Lightroom stand-alone reguler (misalnya Lightroom 5 atau 6).

Lightroom CC yang diperkenalkan kali ini adalah aplikasi yang sama sekali baru dan berkonsentrasi pada penggunaan storage berbasis cloud. Tampilannya pun berbeda dibandingkan Lightroom stand-alone reguler. Lightroom CC tak memiliki tab Library, Develop, dan lain-lain, tapi hanya My Photos dan Edit.

Semua foto yang dibuka pengguna dengan Lightroom CC akan diunggah ke cloud storage Adobe secara otomatis sehingga bisa diakses kapanpun dan dari perangkat manapun, baik komputer desktop maupun gadget mobile.

Baca: Adobe Sudah Menentukan Tahun Kepunahan Flash

Pengkategorian foto juga disederhanakan di Lightroom CC. Foto-foto secara otomatis dikelompokkan dalam album-album dengan tag yang sesuai oleh algoritma kecerdasan buatan (AI) bernama Adobe Sensei. Cara kerjanya mirip Google Photos.

Aplikasi Lightroom reguler untuk desktop sendiri tetap ada, hanya saja namanya diubah menjadi Lightroom Classic CC, bukan berakhiran angka versi seperti sebelumnya.

Dengan kata lain, kini ada dua aplikasi Adobe Lightroom yang berbeda. Lightroom Classic CC adalah Lightroom 7, sementara Lightroom CC merupakan aplikasi baru.

Selain lebih sederhana dan praktis, Adobe merancang Lightroom CC agar lebih mudah digunakan dibandingkan Lightroom reguler. Meski begitu, fitur-fitur di Lightroom CC tak selengkap milik Lightroom reguler, setidaknya untuk versi pertama ini.
 


Dipaksa langganan

Baik Lightroom CC maupun Lightroom Classic CC hanya bisa diperoleh dengan membayar biaya berlangganan Adobe Creative Could (subscription only).

Ada beberapa paket langganan yang disediakan, mulai dari Lightroom CC Plan seharga 10 dollar AS per bulan (Rp 150.000) dan hanya mencakup Lightroom CC dan storage cloud 1 TB hingga Creative Clouds All Apps Plan yang menyertakan semua software Adobe dan cloud storage 100 GB seharga 50 dollar AS (Rp 675.000) per bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber DPReview
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X