Samsung Pindah Pemindai Sidik Jari di Galaxy S9?

Kompas.com - 24/10/2017, 17:52 WIB
Bocoran gambar yang disinyalir memperlihatkan ilustrasi pemindai sidik jari baru dalam dokumen paten Samsung. UbergizmoBocoran gambar yang disinyalir memperlihatkan ilustrasi pemindai sidik jari baru dalam dokumen paten Samsung.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Galaxy S8 menandai perubahaan desain besar-besaran dibanding model-model sebelumnya di lini ponsel kelas atas besutan Samsung tersebut. Tak cuma layar yang menganut konsep bezel less, pemindai sidik jari pun dipindah ke punggung.

Namun tak semua pengguna suka dengan penempatan tersebut. Apalagi, posisi fingerprint scnanner Galaxy S8 (dan Galaxy Note 8) berada persis di samping modul kamera sehingga agak sulit dijangkau, ketimbang bila diletakkan agak di tengah punggung.

Mungkin itu sebabnya Samsung disinyalir telah mematenkan desain pemindai sidik jari jenis baru untuk ditempatkan di bagian muka perangkat, persis di bawah layar seperti di perangkat-perangkat terdahlu.

Bedanya, alat baru ini disebut berukuran lebih kecil, sehingga tetap muat diletakkan di depan sambil menjaga konsep desain bezel less, di mana layar smartphone hanya dikelilingi bingkai tipis.

Baca: Apple Bakal Bunuh Pemindai Sidik Jari?

Dugaan tersebut muncul setelah bocoran ilustrasi fingerprint scanner yang bersangkutan muncul dan beredar di internet. Dalam gambar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Ubergizmo, Selasa (24/10/2017), tampak sebuah lekukan berukuran mungil.

Di dasar lekukan kecil ini tedapat sebuah pemindai sidik jari berkecepatan tinggi. Boleh jadi, ia akan mulai diterapkan di flagship Samsung yang berikutnya, Galaxy S9.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kalaupun ukurannya nanti tidak cukup kecil untuk menjaga bingkai layar agar tetap tipis, boleh jadi Samsung akan menempatkan sang pemindai sidik jari baru di bagian bingkai yang agak menjorok ke dalam layar Galaxy S9, macam modul kamera depan pada smartphone Essential atau iPhone X.

Samsung sebenarnya juga dirumorkan tengah membuat pemindai sidik jari yang ditempatkan di bawah kaca layar ponsel. Tapi untuk saat ini agaknya teknologi tersebut masih belum bisa dicapai.



Sumber Ubergizmo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.