Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinder Carikan Jodoh dengan Kecerdasan Buatan

Kompas.com - 14/11/2017, 09:12 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com-Pengguna Tinder sebentar lagi bakal merasakan pengalaman kencan berbeda. Pasalnya, aplikasi pencari jodoh ini berencana akan mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di aplikasinya pada awal 2018.

Dari pernyataan CEO, Greg Blatt, Sistem AI pada Tinder digunakan untuk mendukung fitur Geolokasi pada aplikasi tersebut. Selama ini, Blatt menilai bahwa Tinder masih sebatas aplikasi "mesin geser" mempertemukan pengguna dengan orang lain.

Meski telah mengeluarkan pernyataan mengenai sistem AI yang akan diadopsi, namun Blatt enggan memberikan keterangan lebih lanjut mengenai bagaimana fungsi ini akan bekerja.

Ia hanya mengatakan, sistem ini akan menjadikan Tinder menjadi sebuah aplikasi kencan yang mendobrak garis batas antara realitas dan dunia digital.

"Jika Anda telah lama menggunakan aplikasi ini, Anda akan melihat perubahan signifikan pada antarmuka pengguna asli aplikasi Tinder dengan sekumpulan aktivitas baru yang dapat Anda coba," ujar Blatt dikutip KompasTekno dari The Tech Bulletin, Selasa (14/11/2017).

Beberapa asumsi menyatakan bahwa fitur AI pada aplikasi ini digunakan untuk memperbaiki sistem pencocokan antar pengguna berdasar pada lokasi.

Selain itu, asumsi lain juga mengatakan bahwa Tinder menawarkan pengalaman yang lebih dipersonalisasi dengan memeriksa data aplikasi pengguna melalui adaptasi AI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com