Kompas.com - 14/11/2017, 09:12 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com-Pengguna Tinder sebentar lagi bakal merasakan pengalaman kencan berbeda. Pasalnya, aplikasi pencari jodoh ini berencana akan mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di aplikasinya pada awal 2018.

Dari pernyataan CEO, Greg Blatt, Sistem AI pada Tinder digunakan untuk mendukung fitur Geolokasi pada aplikasi tersebut. Selama ini, Blatt menilai bahwa Tinder masih sebatas aplikasi "mesin geser" mempertemukan pengguna dengan orang lain.

Meski telah mengeluarkan pernyataan mengenai sistem AI yang akan diadopsi, namun Blatt enggan memberikan keterangan lebih lanjut mengenai bagaimana fungsi ini akan bekerja.

Ia hanya mengatakan, sistem ini akan menjadikan Tinder menjadi sebuah aplikasi kencan yang mendobrak garis batas antara realitas dan dunia digital.

"Jika Anda telah lama menggunakan aplikasi ini, Anda akan melihat perubahan signifikan pada antarmuka pengguna asli aplikasi Tinder dengan sekumpulan aktivitas baru yang dapat Anda coba," ujar Blatt dikutip KompasTekno dari The Tech Bulletin, Selasa (14/11/2017).

Beberapa asumsi menyatakan bahwa fitur AI pada aplikasi ini digunakan untuk memperbaiki sistem pencocokan antar pengguna berdasar pada lokasi.

Selain itu, asumsi lain juga mengatakan bahwa Tinder menawarkan pengalaman yang lebih dipersonalisasi dengan memeriksa data aplikasi pengguna melalui adaptasi AI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.