Performa Snapdragon di Windows 10 Mengecewakan?

Kompas.com - 16/11/2017, 06:34 WIB
Tampilan Start Menu di Windows 10 New York TimesTampilan Start Menu di Windows 10
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Dengan membuat Windows 10 versi ARM yang berjalan di prosesor mobile Qualcomm Snapdragon 835, Microsoft menjanjikan bakal ada produk laptop yang bisa menyala selama hitungan hari.

Meski tahan lama, kinerja produk laptop berdapur pacu chip smartphone tersebut mungkin bisa mengecewakan. Setidaknya hal itulah yang tergambar dalam sebuah bocoran screenshot benchmark Geekbech.

Bocoran screenshot memperlihatkan skor Geekbench dari sebuah laptop Windows 10 S (versi Windows 10 untuk hardware low-end) 32-bit dengan prosesor "octa-core" yang disinyalir merupakan Snapdragon 835, berikut RAM 8 GB.

Nilai benchmark yang ditampilkan tak terlalu menggembirakan, yakni 1.163 poin untuk single core dan 4.263 poin untuk multi-core. Skor itu lebih anjlok lagi ketika OS yang dijalankan adalah Windows 10 Pro.

Baca juga : Pakai Snapdragon 625, Xiaomi Mi A1 Kok Disebut Flagship?

Bocoran screenshot benchmark Geekbench memperlihatkan skor perangkat yang diduga merupakan laptop Windows 10 berbasis Snapragon 835.Digital Trends Bocoran screenshot benchmark Geekbench memperlihatkan skor perangkat yang diduga merupakan laptop Windows 10 berbasis Snapragon 835.

Sebagai perbandingan, sebuah chip desktop low-end Core i3 (dengan arsitektur x86, bukan ARM seperti Snapdragon) bisa menghasilkan skor single dan multi-core masing-masing sebesar 3.692 dan 11.860.

Di perangkat mobile macam smartphone pun, chip Snapdragon 835 biasanya mencetak skor Geekbench lebih tinggi di kisaran 2.000 poin (single core) dan 6.000 poin (multi core), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizmoChina, Kamis (16/11/2017).

Meski demikian, perlu ditambahkan bahwa skor dalam bocoran di atas belum tentu benar merupakan laptop Windows 10 berbasis Snapdragon 835.

Kalaupun benar, belum tentu pula mewakili kinerja perangkat versi final di pasaran nanti karena Microsoft dan Qualcomm masih bisa melakukan optimalisasi untuk mendongkrak kinerja.

Pihak Qualcomm dan Microsoft telah meneken kerja sama dengan sejumlah pihak untuk membuat perangkat laptop Windows 10 berbasis chip Snapdragon 835, antara lain HP yang diketahui bersiap membikin model dengan layar 12 inci, RAM 4 GB/8 GB, serta storage 128 GB/256 GB.

Baca juga : Rp 1.400 Triliun Tak Bisa Bikin Broadcom Beli Qualcomm



Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X