Firefox Bakal Tandai Situs yang Pernah Diretas

Kompas.com - 26/11/2017, 14:19 WIB
Logo Mozilla Firefox MozillaLogo Mozilla Firefox
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com -  Setelah merilis peramban ( browser) Quantum yang diklaim anti-lelet, Mozilla saat ini sedang menggarap fitur keamanan baru.

Fitur yang rencananya bakal diterapkan di peramban Firefox tersebut nantinya akan memberikan peringatan kepada peselancar dunia maya jika mereka sedang mengunjungi situs yang pernah diretas.

Dalam pengembangan fitur dimaksud, Firefox bekerjasama dengan Have I Been Pwned, sebuah layanan untuk mencari tahu apakah identitas akun online milik pengguna internet pernah dicuri hacker.

Pakar sekuritas Have I Been Pwned, Troy Hunt mengamini bahwa Have I Been Pwned dan Firefox sedang menggarap proyek bersama.

Baca juga : Mozilla Luncurkan Browser Firefox Khusus Indonesia

Fitur "Breach Alerts" penanda situs yang pernah diretas ini masih dalam tahap awal pengembangan, tapi sudah bisa dicoba dengan mengunduh add-on dari GitHub Firefox. Add-on yang masih belum resmi tersebut hanya bisa berjalan di Firefox Developer Edition.

Usai menambah add-on, jika pengguna Firefox mengunjungi situs yang dikunjungi pernah menjadi korban hacker, akan muncul pernyataan berbunyi "Anda mengunjungi situs yang pernah diretas".

Fitur ini tidak akan mengahalangi pengunjung untuk masuk ke halaman situs, melainkan hanya sekadar memberi peringatan supaya bisa menjadi pertimbangan pengguna soal keamanan situs yang bersangkutan.

"Firefox hanya mencari situs-situs mana yang pernah diretas dan kami mendiskusikan cara lain untuk menggunakan data ini di masa depan", jelas Hunt seperti dirangkum KompasTekno dari Engadget pada Minggu (26/11/2017).

Baca juga : Browser Firefox Quantum Dirilis, Diklaim Lebih Enteng dari Chrome

Jika fitur ini terpasang dengan baik, mungkin akan bermanfaat bagi peselancar dunia maya.
Setidaknya, mereka akan tahu apakah perlu atau tidak mengganti password apabila memiliki akun di situs yang pernah diretas tersebut.



Sumber ENGADGET
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X