Lima Kemampuan Andalan di Chip Snapdragon 845

Kompas.com - 09/12/2017, 07:29 WIB
Chipset mobile Qualcomm Snapdragon 845 Oik Yusuf/KOMPAS.comChipset mobile Qualcomm Snapdragon 845
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

MAUI, KOMPAS.com - Qualcomm telah meresmikan kehadiran chipset mobile terbarunya, Snapdragon 845 yang akan digunakan oleh model-model smartphone kelas atas pada 2018 mendatang.

Chip anyar ini banyak dibekali fitur baru, mulai dari CPU dan GPU yang lebih mumpuni, hingga dukungan Gigabit LTE dan pemrosesan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Dalam acara Snapdragon Summit 2017 di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Rabu (6/12/2017), Qualcomm mengelompokkan fitur-fitur baru tersebut ke dalam lima pilar utama yang menjadi andalan Snapdragon 845.

Immersion

Snapdragon 845 digadang-gadang bakal menghasilkan konten visual yang lebih memukau dengan paduan pengolah grafis (GPU) Andreno 630 dan image signaling processor (ISP) Spectra 280.

Kombinasi dua komponen tersebut membuahkan sejumlah fitur baru, seperti kemampuan merekam video HD slow motion hingga 480 fps, Multi Frame Noise Reduction untuk foto, akselerasi VR dan AR, serta video ultra HD premium dengan kedalaman warna 10-bit.

Kecerdasan buatan

Qualcomm menyiapkan Snadragon 845 sebagai pusat pengolahan kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI). Pengolahan AI di chip ini ditangani oleh trio CPU Kyro 385, GPU Adreno 630, dan DSP Hexagon 685.

Chip Qualcomm Snapdragon 845.Oik Yusuf/KOMPAS.com Chip Qualcomm Snapdragon 845.
Kinerja pengolahan AI Snapdragon 845 diklaim tiga kali lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 835. Aneka kemungkinan baru terkait implementasi AI pun terbuka, mulai dari asisten persoanal yang lebih pintar, hingga efek “bokeh” di foto tanpa perlu kamera ganda.

Sekuriti

Di dalam Snapdragon 845 tertanam Secure Processing Unit (SPU), yang dibekali random number generator untuk membuat kunci dalam transaksi digital. Dengan menerapkan sekuriti berbasis hardware, Qualcomm mengklaim Snapdragon 845 lebih mampu menangkal serangan hacker dibanding chip terdahulu.

Snapdragon 845 turut mendukung kunci biometrik berupa pemetaan wajah secara tiga dimensi, ala Face ID pada iPhone X. Dengan kata lain, ponsel-ponsel Android berbasis Snapdragon 845 yang akan dirilis pada 2018 bisa menggunakan biometrik seperti ponsel andalan Apple itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X