Milenial, Alasan Samsung Pasang Harga Premium untuk Galaxy A8 (2018)

Kompas.com - 17/01/2018, 18:12 WIB
Samsung Galaxy A8 (2018) dan A8 Plus (2018). Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comSamsung Galaxy A8 (2018) dan A8 Plus (2018).
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung menyebut seri Galaxy A8 (2018) dan A8 Plus (2018) sebagai lini semi-premium yang sebagian fiturnya mencomot lini flagship Galaxy S8 dan Galaxy Note 8. Di antaranya adalah “Infinity Display”, asisten digital Bixby, serta kamera ganda alias dual-camera.

Bedanya, kamera ganda pada duo Galaxy A teranyar ini diletakan pada sisi depan untuk kebutuhan selfie. Hal ini mempertimbangkan target pasar Galaxy A8 (2018) dan Galaxy A8 Plus (2018) yang menyasar kaum millenial.

Harga yang dipatok untuk kedua lini pun terbilang tak murah yakni Rp 6,5 juta untuk Galaxy A8 (2018) dan Rp 8 juta untuk Galaxy A8 Plus (2018).

Padahal, vendor lain yang juga menyematkan kamera ganda untuk selfie seperti Oppo dan Vivo memasang harga di bawah rentang tersebut yakni sekitar Rp 4 jutaan hingga Rp 5 jutaan.

Hal ini tak membuat Samsung ciut. Corporate Marketing Director Samsung, Jo Sumidang, mengatakan pihaknya optimis Galaxy A8 (2018) dan Galaxy A8 Plus (2018) bisa memenangkan hati millenials karena bukan semata-mata menawarkan spesifikasi dan fitur.

“Kalau kami cuma jualan fitur, value barang itu turun. Waktu kami desain smartphone ini memang menargetkan gaya hidup dulu. Ada kebutuhan di situ untuk kriteria millenials yang kami sasar,” kata dia, Rabu (17/1/2018), usai acara peluncuran di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Brand itu ada nilainya, Samsung secara brand punya value. Galaxy A8 (2018) dan Galaxy A8 Plus (2018) pun membawa suatu kebanggaan. Itu kenapa kami berani pasang harga segitu,” ia menambahkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, Jo Sumidang sesumbar timnya sudah lebih dulu melakukan riset pasar sebelum menetapkan harga. Hasilnya, kata dia, konsumen bahkan berani membeli dengan harga lebih tinggi dibandingkan yang dipatok.

“Konsumen mau mengeluarkan harga segitu. Samsung bukan brand yang hanya jualan spek, kami all-around ada nilai lain seperti nilai cool-nya, style, dan brand. Tentu dibarengi dengan produknya memang bagus dan relevan dengan kebutuhan pasar,” ia menuturkan.

Fokus ke inovasi kamera

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.