Robot Hijau Android Ternyata Punya Nama

Kompas.com - 22/01/2018, 08:27 WIB
Patung robot hijau berisi Jelly Bean ini berdiri tegak di salah satu bagian Android Lawn di kantor Google Wicaksono Surya Hidayat/KOMPAS.comPatung robot hijau berisi Jelly Bean ini berdiri tegak di salah satu bagian Android Lawn di kantor Google
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.COM - Maskot robot hijau dengan dua antena di kepalanya telah lama menjadi maskot OS Android. Meski bentuknya sudah familiar, tidak banyak yang tahu apa sebutan untuk maskot tersebut. Kebanyakan orang hanya mengenalnya sebagai "robot hijau Android".

Ternyata, robot hijau ini punya nama. Dilansir KompasTekno dari TechSpot, Senin (22/1/2018), maskot Android ini diberi nama Bugdroid. Nama Bugdroid diberikan oleh tim Android di Google lantaran para programer harus selalu berhadapan dengan bug atau lubang kelemahan sistem.

Bugdroid sendiri "lahir" pada 5 November 2007. Maskot robot hijau dengan dua antena ini diciptakan oleh seorang anggota tim Marketing Communication Google, Irina Blok.

Irina berkisah bahwa ia hanya butuh waktu 5 menit untuk menciptakan maskot tersebut. Awalnya, wanita ini diberikan tugas oleh tim pengembang untuk menciptakan maskot dalam waktu kurang dari seminggu. Sebab, seminggu kemudian Google akan merilis OS Android secara resmi.

Baca juga : Irina Blok, Wanita di Balik Robot Hijau Android

Inspirasi maskot Android sendiri datang saat ia berada di toilet bandara. Pada umumnya, toilet bandara memiliki ikon sederhana, seperti bangun datar yang menyerupai laki-laki atau perempuan.

Itulah yang dilakukan oleh Irina. Alhasil dalam waktu hanya lima menit, Irina berhasil menciptakan Bugdroid. Meskipun sebetulnya ia tidak memiliki latar belakang sebagai desainer, maskot yang diciptakannya diterima oleh tim Google dan mendunia hingga saat ini.

Sebelumnya, maskot Android sempat dibuat oleh salah satu karyawan Google, Dan Morril. Maskot Android yang diciptakan Morril menyerupai robot yang sedang mabuk. Keempat maskot tidak resmi ini dibuat dalam warna, merah, kuning, hijau, dan biru. Oleh Morril, keempat maskot ciptaannya dinamakan Dandroid.

Sayangnya saat mendekati waktu peluncuran, Morril tidak memiliki banyak waktu untuk mendesain ulang ikon atau maskot tersebut. Pasalnya, ia harus merampungkan sejumlah bahasa pemrograman. Alhasil, tugas tersebut dialihkan pada Irina.



Sumber Tech Spot
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X