Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2018, 11:44 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Lebih dari 700.000 aplikasi Android disapu bersih dari Google Play Store sepanjang 2017. Angka itu meningkat 70 persen ketimbang aplikasi yang dihapus pada 2016.

Google tak mengumbar berapa total aplikasi yang tersedia di Play Store saat ini. Menurut analis pihak ketiga, Play Store menyimpan 2,6 juta aplikasi pada Desember 2016 dan 3,5 juta aplikasi pada tahun selanjutnya.

Ada beberapa indikator yang membuat Google menghapus aplikasi dari toko Android-nya. Pertama, aplikasi itu merupakan hasil contekan alias copycat dari yang sudah ada sebelumnya.

“Google menghapus lebih dari 250.000 aplikasi copycat,” begitu kata pewakilan Google.

Kedua, aplikasi itu memiliki konten bermuatan pornografi, kekerasan yang ekstrim, kebencian, serta berkaitan dengan aktivitas-aktivitas ilegal. Sepanjang 2017, ada puluhan ribu aplikasi negatif yang diusir dari Play Store.

Ketiga, aplikasi itu berbahaya Misalnya saja menyisipkan malware, mengundang SMS penipuan, berlaku sebagai trojan, atau mencuri informasi-informasi personal pengguna, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (31/1/2018), dari VentureBeat.

Android merupakan sistem operasi paling dominan saat ini. Tak heran Play Store-nya menjadi target serangan cyber paling banyak. Google pun tak menyerah untuk memberantas aplikasi-aplikasi berbahaya dari Play Store melalui program-programnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.