Kompas.com - 01/03/2018, 15:09 WIB
Bill Gates, pendiri Microsoft Business InsiderBill Gates, pendiri Microsoft

KOMPAS.com - Bapak Microsoft, Bill Gates mengatakan jika cryptocurrency atau mata uang virtual sangat buruk. Hal tersebut disampaikannya dalam sesi "Ask Me Anything" yang digelarnya di forum Reddit, Selasa (27/2/2018).

Menurut co-founder Microsoft tersebut, cryptocurrency seperti bitcoin, ethereum, ripple dan lainnya membantu orang untuk bersekongkol dalam menutupi transaksi keuangannya dari negara.

Gates menyayangkan revolusi blockchain yang disalahgunakan untuk tindak kriminal keuangan, terorisme, dan peredaran narkoba.

"Saat ini cryptocurrency digunakan untuk membeli fentanil dan obat terlarang lain, ini adalah teknologi langka yang dapat menyebabkan kematian secara tidak langsung", jelas Gates seperti KompasTekno rangkum dari Gizmodo, Kamis (1/3/2018).

Baca juga: Pendiri Mata Uang Virtual Ripple Kehilangan Rp 580 Triliun

Pendapat Gates tak sepenuhnya salah. Beberapa otoritas negara mengklaim jika mata uang virtual kerap disalahgunakan untuk mendanai sejumlah aksi kriminal seperti pencucian uang atau terorisme.

Fitur utama cryptocurrency adalah anonim, secara teknis transfer uang digital akan sulit dilacak dibanding transfer uang tunai dalam jumlah besar secara diam-diam. Transaksi tunai dalam nominal besar akan menimbulkan kecurigaan dari otoritas keuangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Varietas mata uang virtual lain, monero juga rentan digunakan untuk transaksi kriminal. Monero yang kalah tenar dari bitcoin atau mata uang virtual lain membuat gerak instansi negara semakin sulit melacak transaksi monero.

Saat ini, pihak berwenang telah mampu menekan aktivitas gelap cryptocurrency dengan mencari titik pertukaran dari blockchain ke dunia nyata, seperti penukaran token ke uang tunai.

Di beberapa negara maju, tindakan kriminal berlangsung cukup dramatis dengan angka kriminalitas yang tinggi. Salah satu alasanya, karena otoritas negara maju semakin mahir memanfaatkan teknologi untuk memukul mundur kriminalitas yang meningkat.

Di sisi lain, argumen Gates juga menimbulkan skeptisme. Cryptocurrency, apa pun jenisnya bak dua sisi mata uang yang tak selalu gelap.

Seperti yang dilakukan UNESCO beberapa waktu lalu yang menggalang donasi dari para penambang cryptocurrency di seluruh dunia, untuk membantu anak-anak korban perang Suriah yang masih berlangsung hingga saat ini.

Baca juga: Komputer Anda Bisa Selamatkan Nyawa Anak-anak Suriah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.