Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang

Kompas.com - 23/03/2018, 19:24 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 2013 lalu, Google telah mengenalkan fitur Device Manager, yang berfungsi melacak lokasi perangkat, jikalau perangkat Android terselip, atau yang lebih buruk lagi, hilang. Kemudian, Google merilis aplikasi berfungsi serupa dengan nama baru, yakni "Find My Device".

Sebenarnya, fitur untuk melacak perangkat telah terpasang secara default di perangkat yang berjalan dengan sistem operasi (OS) Android KitKat ke atas. Sebelum lenyap dari tangan, ada baiknya melakukan set-up pelacakan smartphone Android lebih dulu.

Pastikan juga, GPS perangkat aktif dengan mode akurasi tinggi. Caranya, pilih menu pengaturan, lantas aktifkan lokasi dan juga pilih opsi mode akurasi tinggi, untuk hasil pelacakan yang cukup akurat.

Sementara cara mengatur fitur pelacakan smartphone Android, cukup pergi ke menu pengaturan (setting), lalu pilih menu Google dan pergi ke pilihan keamanan (security). Lanjutkan dengan memilih opsi Find my Device (temukan perangkat saya), lalu aktifkan fitur tersebut.

Nantinya akan ada pilihan cara menemukan perangkat Android, bisa dari situs Android, penelusuran Google dan via aplikasi "Find My Device" (temukan perangkat saya). Khusus untuk aplikasi "Find My Device", pengguna harus mengunduhnya lebih dahulu melalui Google Play Store di tautan berikut ini.

Find My Device memiliki beberapa fitur yang bisa membantu pemilik ponsel Android, melacak ponselnya yang terselip atau hilang, melalui ponsel atau desktop lain. Berikut beberapa cara melacak ponsel Android yang hilang atau terselip melalui aplikasi Find My Device yang dirangkum KompasTekno dari Gadgets Now, Senin (19/3/2018).

1. Menampilkan lokasi terakhir

Untuk melacak perangkat Android, ketik find my device atau temukan perangkat saya di laman Google.Kompas.com Untuk melacak perangkat Android, ketik find my device atau temukan perangkat saya di laman Google.

Jika ponsel Andoid Anda hilang dan tidak terkoneksi internet, sehingga tidak dapat menampilkan lokasi saat ini, Find My Device dapat melacak lokasi terakhir dari riwayat lokasi Google Maps.

Caranya, buka laman Google pada ponsel atau desktop, lalu ketik pada tab "find my device" atau bisa juga "temukan perangkat saya". Seperti pada gambar di atas, Anda akan diminta untuk masuk ke akun Gmail yang tersingkronisasi dengan perangkat Android. 

Fitur Maps Timeline untuk melacak riwayat lokasi perangkatKompas.com Fitur Maps Timeline untuk melacak riwayat lokasi perangkat

Pengguna juga bisa menggunakan Google Maps langsung dari aplikasi Find My Device, sehingga pengguna dapat menelusuri riwayat lokasi perangkatnya. Penelusuran bisa dimulai dengan mengklik "maps timeline". Anda bisa menelusuri sesuai tanggal, bulan dan tahun perangkat Anda.

2. Menampilkan titik koneksi Wi-Fi terakhir

Google Find My Device akan manampilkan lokasi Wi-Fi terakhir perangkat Google Play Store Google Find My Device akan manampilkan lokasi Wi-Fi terakhir perangkat

Aplikasi Find My Device juga akan menampilkan titik lokasi, dimana perangkat terhubung dengan Wi-Fi terakhir kali. Tujuannya, pengguna bisa menentukan lokasi perangkatnya yang hilang.

Baca juga: Ponsel Android Hilang? Ini yang Harus Dilakukan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com